Home » KAMPUS » Wawasan Kebangsaan ‎Harus Prioritas dalam Sistem Pendidikan
Dandrem) 143 Haluoleo, Kolonel CZI Rudi Hermawan didampingi Dandim 1412 Kolaka Letkol CZI Cosmas Manukallo Danga dan WR III USN Kolaka, Dr Achmad Lamo Said membawakan materi wawasan kebangsaan.

Wawasan Kebangsaan ‎Harus Prioritas dalam Sistem Pendidikan

KOLAKA, MY SULTRA – Komandan Resort Militer (Dandrem) 143 Haluoleo, Kolonel CZI Rudi Hermawan menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan harus dijadikan prioritas ‎dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia.
“Mengingatkan bahwa bela negara adalah hak dan kewajiban setiap warga Indonesia. Sebab itu adalah amanah UUD 45 yang harus kita jaga dan laksanakan,” kataa Kolonel Rudi saat memberikan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan di Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka, Selasa (26/4/2016).
Menurut mantan K‎omando Pasukan Khusus (Kopasus)‎ ini, bela negara bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab TNI, tapi tanggung jawab bersama. Memang TNI merupakan komponen utama pertahanan negara, tapi tentunya didukung komponen lain yaitu komponen cadangan dan komponenen pendukung.
Diungkapkannya, sistem pertahanan negara Indonesia menganut sistem pertahanan rakyat semesta. Artinya melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya. Ini harus dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.
“Tidak ada satupun negara yang maju tanpa memiliki pertahanan dan kedaulatan yang kuat,” tegasnya.

Sementara Rektor USN Kolaka, Dr Azhari mengungkapkan, wawasan kebangsaan telah masuk dalam kurikulum kewarganegaraan. Salah satu point yang dibahas adalah materi tentang pendidikan bela negara dan cinta tanah air. (A Arsyad)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *