Home » Headline » Waspadai KLB Penyakit Difteri di Sultra
Difteri

Waspadai KLB Penyakit Difteri di Sultra

KENDARI, MYSULTRA.COM – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dr. H. Zuhuddin Kasim MM menghimbau kepada jajaranya untuk melakukan tindaan kewaspadaan dini sehungan dengan munculnya kejadian difteri agar tidak terjadi kejadian luar biasa (KlB) atau mewabah.

“ Kami mengharapkan perhatian dan dukungan Dinas Kesehatan  Kabupaten dan Kota untukmeningkatkan sistim kewaspadaan dini terhadap kasus difteri, “ katanaya dalam surat himbaun nomor 443.33/2042 tertanggal  (28/05/2018) lalu.

Difteri merupakan penyakit yang sangat menular bahkan dapat menimbulkan KLB atau wabah. Fokal infeksi baiasanya pada  tenggerokan akan tetapi bakteri penyebab difteri dapat menghasilkan eksotoksin yang dapat meyebar keseluh tubuh dan menyebabkan kerusakan jaringan yang terkena terutama sel jantung dan syarafyang dapat menyebabkan kematian.

Pecehan Dini hendaknya dilakukan dengan pemberian imunisasi  DPT-HB-Hib 3 kali saat bayi  usia 2,3 dan 4 bulan dilanjutkan dengan imunisasi lanjutan  DPT-HB-Hib pada usia 18 bulan  diteruskan dengan imunisasi  DT pada usia sekolah dasar kelas 1 dan imunisasi Td pada kelas  2 dan kelas 5. (*/Dir)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Bupati Buton Selatan Agus Faisal

Bupati Buton Selatan Ditangkap KPK

BATAUGA, MYSULTRA.COM – Bupati Buton Selatan  (Busel) Agus Faisal Hidayat ditangkap KPK melalui Opersi Tangkap ...

SOPA Awrd

Investigasi Wartawan Anggota PWI Sumut Raih Nominasi Internasional

Bersama Reuters, AP dan Wall Street Journal, karya investigasi kolaboratif Bambang Riyanto (wartawan Analisa di ...