Home » Berita Terpopuler » Wartawan Diminta Berjihad Tuk Masyarakat

Wartawan Diminta Berjihad Tuk Masyarakat

Ketua PWI provinsi Sultra, Ir Sudirman Duhari bersama ketua bidang pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar pada acara penutupan UKW.
Ketua bidang Pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar meminta wartawan di Kolaka untuk berjihad dengan melakukan investigasi demi kepentingan masyarakat.
 “Alangka indahnya kalau wartawan menutup hidupnya dengan baik setelah berbuat untuk masyarakat. Sebaliknya, begitu sedihnya kalau dikenal sebagai wartawan yang suka memeras.”kata Marah Sakti Siregar saat menutup Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan PWI Provinsi Sultra dilaksanakan di X-press hotel Kolaka, jumat (12/6).
Marah Sakti mengungkapkan, investigasi merupakan pekerjaan mulia wartawan dalam penyelidiki untuk mengungkap kasus yang belum diketahui yang menyangkut kepentingan publik. Itulah sebabnya investigasi dikategorikan sebagai jihad seorang wartawan karena penuh resiko. Pekerjaan ini perlu dilindungi UU sebab bekerja untuk kepentingan publik.
“‎Lakukan investigasi dan membaca pengalaman dari yang melakukan investigasi demi kepentingan orang banyak.”katanya.
Marah Sakti juga meminta wartawan untuk bekerja dengan hati nurani‎‎, serta mendukung pemimpin dan pemerintah yang melakukan peningkatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Begitupun pemimpin harus didukung yang membantu dalam peningkatan profesionalisme wartawan. Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme wartawan yang dilakukan oleh dewan ‎pers adalah UKW, sehingga kemampuan wartawan Kolaka sama dengan kemampuan wartawan di Jakarta.
Adapun ketua PWI Provinsi Sultra, Sudirman Duhari mengungkapkan, PWI sebagai organisasi profesi tertua di Indonesia, tentunya memiliki kewajiban dan komitmen meningkatkan profesionalisme wartawan dalam bergaul ditengah masyarakat. Dengan profesionalisme yang dimiliki, wartawan dapat berjihad dalam mengungkap sesuatu yang merugikan masyarakat.
Sudirman juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin dan Rektor Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka, Azhari yang telah menjamu pengurus PWI Pusat dalam melaksanakan safari jurnalisme tahun 2015 dan UKW yang dilaksanakan di Kabupaten Kolaka.
“Saya berharap bagi yang sudah kompoten supaya bergabung dengan PWI.”harapnya.
Sementara salah seorang peserta UKW, Mirwanto Muda mengungkapkan bahwa dirinya merasa bersyukur karena sudah melakukan UKW, sementara masih‎ banyak wartawan yang belum mengikuti UKW. Pada saat mengikuti UKW, dia mengaku ada ketakutan yang muncul karena tidak mengetahui apakah lulus atau tidak.
Pada pelaksanaan UKW di Kolaka, diikuti 15 peserta dari 21 peserta yang mendaftar sebelumnya dan  berasal dari kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur serta kota Kendari. Hasilnya 11 dinyatakan lulus atau kompoten. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *