Home » Berita Terpopuler » Wakil Walikota La Rochelle, Perancis Cicipi Makanan Khas Sinonggi

Wakil Walikota La Rochelle, Perancis Cicipi Makanan Khas Sinonggi

MySultra – Kendari.Com:

Wakil Walikota La Rochelle Perancis Michel Sabatier didampingi salah seorang Dosen Bahasa Indonesia di Negara itu, Dr. Philippe Grange bertandang di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk membangun kerjasama dalam mengatasi krisis air bersih dan penanganan sedimentasi teluk, Jumat (7/8).

Kedatangan warga asing tersebut, disambut oleh Wakil Walikota Kendari, Musadar Mappasomba, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Kendari.

Rencana Kerjasama antara ke dua Kota dan negara tersebut, terungkap saat tanya jawab yang digelar di ruang pola kantor Walikota Kota Kendari.

Dalam bahasa Perancis, Michel Sabatier yang diterjemahkan oleh Philippe Grange menjelaskan, pihak Negara Perancis rencananya akan memberikan bantuan lebih kepada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

“Kita tidak memberikan bantuan dalam bentuk pendanaan, melainkan peningkatan pengetahuan terhadap sumber daya yang ada,” kata Philippe Grange meniru perkatan Michel Sabatier kepada wartawan diruang pola Kantor Walikota Kendari.

Dia menjelaskan, bantuan sumber daya manusia dititip beratkan pada kegiatan pelatihan sesuai keahlian yang dimiliki.”Misalnya, penanganan air bersih, jika Intake atau mesin pompa bermasalah, dapat ditangani sendiri oleh tenaga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tanpa mencari teknisi yang membutuhkan biaya besar,” jelas Phillippe Grange.

Sedangkan penanganan sedimentasi yang terjadi di Teluk Kendari kata Phlippe Grance, dibutuhkan perusahaan daerah (Perusda) yang khusus mengatasi permasalahan tersebut.

“Kalau di Negara kami, (Perancis) penanganan sedimentasi yang ada di teluk, ditangani dua Perusda, satu perusahaan yang mengangkat dan membuang sedimentasi tersebut, dan satu perusahaan sebagai konsultan yang merumuskan agar sedimentasi tidak meningkat setiap saat dan teluk terhindar dari pencemaran,”ungkap dosen bahasa Indonesia di Perancis ini.

Dalam diskusi singkat diruang pola Kantor Walikota Kendari itu, beberapa penanya mengajukan pertanyaan terkait sumber pendapatan daerah Kota La Rochelle yang digunakan membangun sehingga menjadi kota maju.

Menurut Michel Sabatier dalam bahasa Perancis menjelaskan, selain pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), PAD Kota La Rochelle Perancis bersumber dari pelabuhan kapal pesiar.

“Pelabuhan kapal pesiar ini, terbesar di Negara Eropa, setiap tahunnya sebanyak 3 juta wisatawan yang berkunjung di kota kami, kalau Walikota Kendari dan jajarannya berkunjung ke Kota La Rochelle, jadinya meningkat, lebih dari 3 juta wisatawan,”canda Michel Sabatier yang diterjemahkan sang dosen satra dan bahasa Indonesia di Universitas yang ada di Kota La Rochelle.

Usai pertemuan di ruang pola Kantor Walikota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Wakil Walikota La Rochelle Perancis dan penerjamah bersama jajaran SKPD kota Kendari mencicipi makanan khas Suku Tolaki namanya Sinonggi di salah satu restoran.

“Kami tidak percaya makanan sinonggi dari pohon, sekarang baru kami tahu, enak dan alami. Di Negara kami tidak ada makanan seperti ini, walaupun Kota Kendari dan Kota La Rochelle memiliki teluk yang sama, tetapi makanan disini enak dan nikmat,terang Phillippe Grange mengulang ucapan Wakil Walikota Perancis Michel Sabatier.

Setelah mencicipi  sinonggi, tamu asing ini, meninjau kantor PDAM Kota Kendari. mereka mendapat penjelasan tentang kondisi air dan perpiaan untuk pendistribusian air bersih kepada masyarakat.Selain itu, rombongan mengecek intake Pohara dan lokasi pengolahan air bersih milik PDAM Kota Kendari.(Mas`ud)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *