Home » Berita Terpopuler » Wakil Walikota La Rochelle Perancis Belajar Produksi Gas Metan di Kendari

Wakil Walikota La Rochelle Perancis Belajar Produksi Gas Metan di Kendari

MySultra – Kendari

Wakil Walikota La Rochelle, Perancis, Mhicel Sabatier, Sabtu (8/8) saat mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA – S) mengagumi dan akan membagi pengetahuan terkait pengolahan sampah yang dapat menghasilkan gas mentan.

Menurut pejabat La Rochelle Perancis tersebut, produksi gas metan di TPA Kendari sederhana dan efesien. Meski begitu, pemilhan sampah masih dinilai kurang maksimal.

Menurut Michel, di Kota La Rochelle Perancis tidak ada pekerja pemulung sehingga dalam pengolahan sampah lebih pada teknologi.

“Negara kami sangat lain karena tidak ada pemulung jadi tergantung  pada teknologi sehingga kami siap membagi pengalaman,”kata Michel dalam bahasa Perancis yang diterjemahkan Dr. Philippe Grange seorang dosen bahasa Indonesia di Perancis.

Pejabat Kota La Rovhelle pun menawarkan gagasan dan ide dari negaranya terkait pemilahan sampah yang lebih efesien lagi.

“Sangat luar biasa, kami kagum sekalipun sederhana. Alangkah baiknya kalau di contohkan di daerah lain di Indonesia dan manca Negara misalnya Negara – Negara yang memiliki tantangan yang sama,”kata Michel.

Sekretaris Dinas Kebersihan Kota Kendari M. Nur Rasyad mengatakan, wakil Walikota La Rochelle mengagumi pengolahan sampah TPA Kota Kendari yang dapat diolah menjadi gas metan.

Dengan peralatan sederhana dari mesin mobil bekas, dapat dimanfaatkan menjadi mesin pengolahan gas metan dari sampah – sampah yang dihasilkan setiap harinya.

“Pak Wakil Walikota La Rochelle kagum, kami mengolah gas metan dari mesin mobil bekas yang murah senilai 15 juta rupiah, sedangkan mereka mengolah sampah dengan menyediakan dana hingga millyaran rupiah, padahal tujuan kita sama, mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari sampah,”kata Nur Rasysd.

Menurtnya, pihak Dinas Kebersihan siap berbagi pengetahuan terkait pengolahan sampah yang menghasilkan gas metan.Gas metan yang bersumber dari sampah tersebut, disalurkan melalui pipa ke sejumlah rumah warga d sekitar TPA dengan gratis.(Mas`ud)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *