Home » Berita Terpopuler » USN Negeri Kolaka Wisuda 681 Mahasiswanya

USN Negeri Kolaka Wisuda 681 Mahasiswanya

MySultra – Kolaka

Untuk pertama kalinya sejak di sahkan sebagai Universitas Negeri, Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka mewisuda Mahasiswanya, Rabu (19/11/2014). Terdaftar 681 orang yang di wisuda.

Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari dalam sambutannya menyampaikan bahwa wisuda pertama program sarjana tahun akademik 2014/2015, diikuti sebanyak 681 Mahasiswa, diantaranya FKIP 324 orang, Fisipol 112 orang, Fakultas Pertanian 53 orang, Fakultas hukum 72 orang dan Fakultas Sainstek 21 orang. Ini berarti sejak Perguruan Tinggi ini berdiri dimulai dari STIKIP, USN Kolaka hingga di negerikan telah meluluskan 4 ribu lebih alumninya.

Pada kesempatan itu pula, Rektor negeri termuda Indonesia ini juga menyampaikan sejarah berdirinya STIKIP di masa pemerintahan Bupati Kolaka, Almarhum H. Sangkala Manomang dengan ketua STIKIP pertama dijabat oleh Djalante. Kemudian pada periode kepemimpinan pertama Bupati H. Buhari Matta, dirinya yang saat itu menjadi staf khusus Bupati Buhari Matta, diberikan amanah untuk memimpin STKIP sekaligus diminta untuk merubah status menjadi Universitas.

“Saat itu dihadapan pimpinan dan Anggota DPRD Kolaka saya berjanji jika dalam waktu enam bulan tidak merubah status STIKIP, maka saya akan mengundurkan diri. Ternyata dalam waktu enam bulan STIKIP berubah menjadi Universitas dan sekaligus saya menjadi Rektor USN Kolaka periode 2004-2008.”katanya.

Diungkapkannya, pada awalnya semua aset USN milik Pemda Kolaka dan secara hukum milik Yayasan dimana saat itu berjumlah Rp 21 Milyar, pada periode kedua Buhari Matta didorong menjadi negeri dengan menyerahkan semua aset ke negara. Sejak tahun 2009 diperjuangkan dan tahun 2010 ada program dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berada di daerah terdalam, terluar dan terpencil dengan mengambil kampus di Tanggetada yang berada jauh dari kota Kolaka.

Karena berada di daerah tertinggal dan terdalam, sehingga USN menjadi prioritas dan akhirnya USN menjadi satu-satunya Universitas Negeri yang berdiri di kabupaten untuk daerah Sulawesi, Kalimantan, Bali, NTT,NTB dan Irian.

Ditambahkannya, perjuangan penegerian tidak akan terjadi kalau hanya Azhari, tapi semua pihak ikut membantu, mulai dari Pemkab Kolaka, masyarakat, staf USN dan Mahasiswa. Bahkan Bupati Kolaka, Ahmad Safei memberikan tanah seluas 200 hektar untuk dijadikan tempat penelitian di pulau gugusan dan padamarang.

Pada acara wisuda perdana USN negeri, mantan rektor IPDN, Prof.Dr. Sadu Wasistiono,MS membawakan orasi ilmiah terkait manajemen pemerintahan.

Adapun wisudan terbaik berdasarkan keputusan Rektor USN Kolaka adalah Ayu Wulandari (Prodi bahasa Inggris), Muh. Ilham (Prodi bahasa Indonesia), Diah Retnosari (Prodi Mate-matika), Andi Yusuf Syahrir (prodi ilmu hukum), Miswar (Sistem Informasi), Adrianto A Ponggarang (Prodi Administrasi negara), Sep Muliadi (Perikanan), Ridwan Bustamil (Pertanian), Rosmina (Agrobisnis), Albar anto (teknik sipil) dan Irwandi (teknik Pertambangan). (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *