Home » Headline » USN Kolaka Terima Jalur SNMPTN Perdana
Rektor USN Kolaka, Dr Azhari (kiri) didampingi WR I Prof Dr Ruslin Hadanu (tengah) dan WR 2 Syahrir Sahaka MP memberikan komentar terkait pelaksanaan SNMPTN perdana di USN.

USN Kolaka Terima Jalur SNMPTN Perdana

KOLAKA, MY SULTRA –  Sejak menjadi Universitas Negeri tahun 2014 lalu, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka baru menerima pendaftaran melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) perdana di tahun ajaran 2016 ini.

“Untuk pertama kalinya sejak menjadi universitas negeri, USN Kolaka membuka penerimaan Mahasiswa melalui jalur SNMPTN,” kata Rektor USN Kolaka Dr Azhari, didampingi Wakil Rektor (WR) 1 Prof Dr Ruslin Hadanu dan WR 2 Syahrir Sahaka MP,senin (‎25/1/2016) di kantornya.

Untuk tahun 2016, USN Kolaka mendapat quota 1.500 Mahasiswa, dengan rincian 40 persen melalui jalur SNMPTN, 30 persen jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 30 persen jalur mandiri.

Menurut Rektor, SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, dengan menggunakan rapor semester satu sampai semester lima bagi SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun. Bagi sekolah yang Siswanya mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), begitupun siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Begitupun sekolah yang memiliki akreditasi A, Siswanya dapat diterima hingga 75 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B diterima 50 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi C diterima 20 persen terbaik di sekolahnya dan akreditasi lainnya diterima 10 persen siswa terbaik di sekolahnya.

“Semakin banyak alumni sebuah sekolah masuk di universitas negeri, baik itu di UGM (Universitas Gajah Mada), Unhas (Universitas Hasanuddin dan universitas negeri lainnya, maka semakin bagus sekolah itu atau memiliki integritas baik,” kata Rektor Azhari.

WR I Prof Ruslin menambahkan, pendaftaran SNMPTN dimulai pada tanggal 29 februari hingga 12 Maret 2016.

Penulis: ( A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *