Home » Headline » USN Kolaka Gelar Upacara Sumpah Pemuda Penuh Kesederhanaan

USN Kolaka Gelar Upacara Sumpah Pemuda Penuh Kesederhanaan

KOLAKA, MYSULTRA.COM – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar upacara hari sumpah pemuda ke-88 tahun, dengan penuh kesederhanaan, Jumat (28/10/2016) di halaman ‎rektorat USN.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Rektor USN mengatakan, ‎data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (BPS, 2014)

Secara kuantitas angka 24,5 persen ini cukuplah besar. Ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Dr Azhari, usai memimpin upacara mengungkapkan, usia produktif 64 persen ‎itu sangat besar. Pemerintah harus menyiapkan lapangan kerja kedepan, jangan sampai 35-50 persen pengangguran. Ini bisa bahaya besar bagi negara kalau lapangan kerja tidak disiapkan dengan baik.

Menurut Rektor, potensi pemuda Indonesia tidak akan kalah dengan pemuda yang ada di negara lain.‎ Hanya yang menjadi tanggungjawab pemerintah bagaimana mendorong mempersiapkan infrastruktur,Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda dan jiwa mereka.

“Sebagaimana pesan Bung Karno supaya membangun jiwanya dan membangun badannya. Jadi ‎jiwanya dulu baru badannya. Kesehatan mental dulu baru badan‎. Ini harus menjadi modal, karena sekarang ini banyak yang jiwanya sakit, sehingga saat diberikan amanah disalahgunakan,” kata Azhari.

Penulis: (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...