Home » Headline » Universitas Budi Luhur Perkenalkan Prodi Komunikasi Pariwisata dan Digital Media
Universitas ok

Universitas Budi Luhur Perkenalkan Prodi Komunikasi Pariwisata dan Digital Media

JAKARTA, MYSULTRA.COM – Pariwisata menjadi salah satu andalan pemerintah dalam meraup devisa. Tak ayal profesional di bisang pariwisata sangat dibutuhkan dan harus menjadi bagian terintegrasi dari program pembangunan sektor pariwisata. Atas dasar inilah, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Budi Luhur (UBL) membuka dua program studi (prodi) baru, Komunikasi Pariwisata dan prodi Digital Media.
FIKOM UBL memiliki cara unik untuk memperkenalkan kedua prodi tersebut, melalui Seminar Nasional Lomba Foto & Vlog, yang digelar, Selasa, (3/4/2018) di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Doddy Wihardi, Ketua Tim Pengembangan Komunikasi Pariwisata UBL Doddy Wihardi menjelaskan, sekitar 200 peserta dari masyarakat umum dan siswa SMA hadir. “Tema seminar kali ini adalah; Pemanfaatan Komunikasi untuk Pengembangan Wisata Sejarah dan Wisata Budaya di Indonesia. Mengingat selama ini wisata sejarah dan budaya kurang terperhatikan jika dibandingkan dengan wisata alam”, ujar Doddy.
Sementara itu, Head of Communication Science Program UBL Bintarto Wicaksono menjelaskan, dua prodi baru UBL dihadirkan untuk menjawab kebutuhan dari para calon mahasiswa. “Tren pariwisata atau destinasi wisata sangat tinggi. Hal itu tentu berdampak pada dibutuhkannya para profesional di industri pariwisata, terutama profesional yang memiliki kemampuan komunikasi untuk melakukan branding, marketing, serta merancang konten kreatif untuk setiap destinasi wisata,” paparnya.
Sebagai prodi baru, diakui Bintarto, Fikom UBL tentu harus melakukan langkah-langkah komunikasi guna memperkenalkan kedua prodi anyar tersebut. Salah satu caranya dengan menggelar aktivasi yang melibatkan siswa SMA yang notabene target market dari kedua prodi baru tersebut. Komunikasi Pariwisata dan prodi Digital Media,  melengkapi empat prodi yang sudah ada di FIKOM UBL, yakni Broadcasting, Advertising, Public Relations (PR), dan Desain Komunikasi Visual (DKV).
Universitas Budi Luhur mengemas pengenalan prodi Komunikasi Pariwisata dan Digital Media dalam beberapa seri kegiatan. Sebelumnya, telah diselenggarakan kegiatan yang melibatkan siswa SMA di kampus UBL. Puncaknya, pada Juli atau Agustus 2018 mendatang, akan digelar kegiatan bertajuk Festival Wisata dan Budaya.
Tak hanya itu, pengembangan prodi Komunikasi Pariwisata, akan banyak berkolaborasi dengan berbagai mitra. Seperti dengan Museum Nasional Indonesia, Kereta Api Wisata, Desa Mitra yang ada di Bantul, hingga beberapa Dinas Pariwisata kabupaten/ kota. UBL juga memanfaatkan infrastruktur yang dimiliki, seperti Hotel Galuh yang berlokasi dekat Candi Prambanan dan Taman Bermain Tirtonirmolo, di Yogyakarta, Ngawi, dan Bangka-Belitung.(*/Dir)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Suasana Rapat PWI Sultra tolak Rencana Perubahan Hari HPN

PWI Sultra Menolak Keinginan Dewan Pers Ubah Tanggal HPN

KENDARI, MYSULTRA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menolak keras keinginan Dewan Pers ...

Asrun Huhua, Rapatkan Barisan

Asrun – Hugua Dukung Kabaena Kepulauan Jadi Kabupaten

KENDARI, MYSULTRA.COM – Pasangan Calon Gubernur – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Asrun- Hugua) menyatakan ...