Home » Berita Terpopuler » Umar Arsal Menangkal Radikalisme ISIS Melalui Sosialisasi Empat Pilar di Kadatua

Umar Arsal Menangkal Radikalisme ISIS Melalui Sosialisasi Empat Pilar di Kadatua

Umar Arsa

Kendari – MySultra.Com

Paham Islam radikal kian menghangat dibicarakan hampir diseluruh media, tidak sedikit situs Islam yang disiyalir  telah menyebar paham itu,  kini menjadi pantauan pemerintah bahkan harus dihapus karena tidak sesuai dengan nilai  kehidupan berbangsa dan bernegara.  Gerakan melawan paham sesat itu rupanya, tidak saja dilakukan oleh pemerintah namun, salah satu anggota DPR-RI Umar Arsal yang sedang melakukan reses menyempatkan diri untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara  yang termaktub dalam 4 pilar.

” Paham ISIS ( Islamic State of Iraq Syria ) ialah paham yang akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, itulah saya hadir disini untuk memberikan pemahaman tentang Pancasila, Undang – Undang Dasar 1945, Ketetapan MPR, Bhineka Tuggal Ika serta NKRI untuk secara mendalam kita pegang teguh demi menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara,” ujar Umar Arsal  saat melakukan tatap muka  dan dengar pendapat 4 pillar di Desa Kaofe Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara .

Menurutnya dengar pendapat 4 pillar kepada publik  harus  terus digalakkan  oleh semua pihak yang berkompeten demi keutuhan NKRI sebagai harga mati. 

Sangatlah disayangkan, lanjut Umar Arsal saat ini sudah ada ratusan bahkan ribuan keluarga kita  terjerumus dalam paham sesat  itu. Bahkan  tidak tanggung – tanggung lansung  berangkat  ke Syria guna bergabung menjadi anggota ISIS.  Ini artinya nilai – nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI sudah semakin ditinggalkan.  Padahal  pancasila  selama ini menjadikan menjadi perekat masyarakat hidup rukun berdampingan dengan keragaman agama dan suku yang berbeda.

Dihadapan Ratusan Warga Desa Kaofe Kecamatan Kadatua Sulawesi Tenggara Umar Arsal  sangat berapi – api dalam menyampaikan inspirasi  kepada masyarakat.  “NKRI harga mati, Pancasila dasar Negara harus dipegang teguh dari yang anak – anak, generasi muda sampai kalangan orang tua,”tegas Umar Arsal

Umar Arsal juga memaparkan akan pentingnya konsep pendidikan untuk 4 pilar bagi generasi muda mulai dari TK, SD, hingga diperguruan tinggi. Termasuk  pendidikan non formal dalam arti luas, orang tua harus memantau gerak gerik serta perkembangan pengetahuan anaknya, dan jangan dibiarkan bebas membuka situs, menonton tv tanpa pantauan khusus dari orang tua.

Sementara itu, salah satu peserta dengar pendapat, Najib  menjelaskan, paham radikal tidak hanya ISIS, namun ada  juga paham radikal yang membawa Agama sebagai pendekatannya,  misalnya dengan paham Jihad dari sisi yang berbeda akibatnya dari paham itu tidak sedikit berita menggemparkan dunia dengan adanya teroris.

” Saya sebagai masyarakat yakin dan percaya jika wakil rakyat bisa terus turun ke Dapilnya masing, termasuk DPRD privinsi dan kabupaten  kota untuk memberikan pemahaman tentang 4 Pilar akan mampu membendung paham ISIS dan  Teroris yang mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara,” terang Najib.

Usai menggelar kegiatan dengar  pendapat dengan  warga Kaofe Umar Arsal berjanji akan selalu menyisipkan waktunya, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya 4 pilar untuk menjadi ruh dalam bernegara, baik secara  tatap muka  maupun  dalam bentuk sosialisasi melalui media baik cetak maupun media sosial lainnya.

Diyakini Umar Arsal, jika semua elemen berpadu dan bersatu melakukan tindakan untuk turun ke masyarakat, memberikan pemahaman dan mendengarkan apa yang menjadi aspirasi rakyat soal 4 piilar itu, masalah sosial, dan ekonomi tentunya akan mampu membendung terjadinya gerakan radikalis yang bersumber dari cara pandang yang berbeda tentang kebangsaan, keislaman, dan ketauhidan (***/Sudirman Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *