Home » Headline » TNI dan PWI Lakukan Penanaman Padi Serentak
Dandim 1412 Kolaka Letkol Czi Cosmas Manukallo Danga bersama ketua PWI Kolaka Armin Arsyad, serta pengurus PWI dan personil Kodim 1412, melakukan tanam padi serentak

TNI dan PWI Lakukan Penanaman Padi Serentak

KOLAKA, MYSULTRA.COM  – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kolaka, melakukan aksi penanaman padi serentak, Jumat (23/9/2016) pada sawah milik petani di ‎lorong Topoe, kelurahan Balandete.

Tanam padi serentak ini dikomandoi Dandim 1412 Kolaka ‎Letkol Czi Cosmas Manukallo Danga, bersama ketua PWI Kabupaten Kolaka Armin Arsyad, serta dihadiri Asisten II Setda Kolaka H M Kasim Madaria. Pada lahan seluas 32 hektare, puluhan tentara dan wartawan yang bertugas di Kolaka baik cetak, elektronik dan on line relah turun disawah yang penuh lumpur.

U‎sai menanam padi, Dandim mengungkapkan, kegiatan taman padi serentak dengan mengambil tema ‎tanam padi serentak bersama Kodim 1412 Kolaka dengan PWI Kolaka, sebagai wujud kepedulian insan pers dalam mendukung upsus (upaya khusus) peningkatan swasembada pangan‎, bertujuan memberikan motivasi pada masyarakat bahwa untuk mewujudkan swasembada pangan itu bukan saja tugas petani, tapi semua elemen bangsa.

“Selama ini saya melihat kalau ada kegiatan tanam padi, wartawan banyak yang hadir. Tapi mereka hanya mengambil gambar. Karena itu saya ‎berinisiatif mengandeng wartawan bagaimana mereka langsung turun ke sawah dan tidak sekedar meliput,” kata mantan Paspampres ini.

Letkol Cosmas mengungkapkan, kegiatan upsus peningkatan swasembada pangan selama ini belum pernah melibatkan insan pers turun langsung ke sawah, tapi yang selalu turun ke sawah biasanya pejabat, organisasi pemuda dan pelajar. Karena itulah ide mengandeng insan pers turun ke sawah muncul.

“Selama ini insan pers selalu mendukung dan mensosialisasikan ketahanan pangan melalui medianya. Tapi yang belum dilakukan turun merasakan ‎langsung kegiatan petani menanam padi di sawah,” kata ‎Letkol Czi Cosmas Manukallo Danga.

Ketua PWI Kolaka Armin Arsyad mengaku merespon apa yang dilakukan Dandim 1412 Kolaka dengan mengandeng insan Pers. Diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan contoh bagi Kodim di seluruh Indonesia, karena sepengetahuannya belum pernah ada Kodim yang melakukan tanam padi sawah serentak bekerjasama dengan wartawan.

“Kegiatan ini perlu mendapat apresiasi. Kami berharap Kodim di seluruh Indonesia mencontoh Kodim Kolaka dalam menyukseskan swasembada pangan, dengan mengandeng insan pers,” katanya.

‎Armin ‎berharap apa yang dicita-citakan pemerintah yakni Indonesia swasembada pangan, dapat terwujud, sebab sangat ironis Indonesia yang masih memiliki lahan yang luas, harus mengimpor beras dari luar negeri.

Sementara salah seorang pemilik sawah, Amir mengaku salut dengan tentara dan wartawan yang ikut menanam padi disawahnya. ‎Dia berharap dengan motivasi ini, mereka semakin giat untuk mengolah sawahnya, demi menyukseskan swasembada pangan yang dicanangkan Presiden RI.  (Tim)

 

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...