Home » EKONOMI » Tiga Sektor Menyumbang Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi Sultra

Tiga Sektor Menyumbang Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi Sultra

KENDARI, MYSULTRA.COM – Ada tiga sektor yang menyumbang perlambatan pertubuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada triwulan ke 3 tahun 2015. Ketiga sektor itu adalah sektor pertanian, sektor industri pengolahan dan kondisi ekonomi glonal yang belum pulih.

Hal tersebut diungkapkan, Lukman Abunawas, Sekda Prov Sulrtra saat acara Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra Rabu (25/11/2015).

Sektor industri pengolahan tambang, kata Lukman ertumbuhannya melambat menyusul kebijakan pemerintah melarang ekspor ore nikel mentah,padahal sektor ini menyerap banyak tenaga kerja. “Sektor tambang kita ketahui ada larangan ekspor ore nikel mentah, tetapi disisi lain banyak tenaga kerja karena adanya tenaga kerja asing, seperti di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel) dan daerah lain di Sultra yang memicu laju pertumbuhan ekonomi Sultra yang melampaui pertumbuhan ekonomi secara nasional,”jelas Lukman.

Sementara itu, Zainuddin dari BI mengatkan, “Penyebabnya, belum pulih kondisi ekonomi global dan terkontraksinya kinerja pertanian serta melambatnya kinerja industri pengolahan,”Papar Zainuddin

Pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan ke 3 tahun 2015 tercatat 6,94% (Yoy), mengalami pelambatan jika dibandikan triwulan sebelumnya sebesar 7,22% (yoy). Pertumbuhan tersebut lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,7% (Yoy).

Mas’ud


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...