Home » Headline » Tidak Ada Joki pada Ujian SBMPTN di USN

Tidak Ada Joki pada Ujian SBMPTN di USN

Panselnas dan Rektor USN Kolaka, Azhari meninjau pelaksanaan SBMPTN di sejumlah ruangan.

Kolaka.mysultra.com

Adanya kecurigaan joki pada pelaksanaan ujian Seleksi Bersama ‎Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka, ternyata tidak terbukti.
Awalnya kecurigaan tim pengawas karena foto salah seorang peserta tidak terupload dan dianggap tidak sama dengan foto terbaru yang dipasang peserta itu. Hal ini langsung dilaporkan pada panitia seleksi nasional (Panselnas) yang melakukan peninjauan ruangan bersama Rektor USN Kolaka.
Atas temuan ini, Panselnas dan Rektor USN meminta supaya pengawas ‎tetap membiarkan peserta yang dicurigai untuk melanjutkan tes, setelah itu baru dibawah ke ruangan untuk diwawancarai khusus. Usai pelaksanaan ujian, peserta yang dicurigai sebagai joki dipanggil khusus dan selanjutnya diwawancarai. Ternyata setelah dicocokkan peserta tersebut bukan joki tapi memang dia adalah peserta tes itu sendiri.
“Memang pengawas sempat mencurigai karena foto yang tertempel itu sewaktu dia masih SMA, sementara di kartu pesertanya itu dipasang foto terbarunya. Tapi setelah dicocokkan ternyata memang dia sendiri dan bukan joki.”kata penanggungjawab dokumen yang juga dekan hukum USN, Yahyanto.
Sementara Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari ‎mengungkapkan, peserta yang melakukan ujian langsung di USN Kolaka sebanyak 765 orang. Dalam tahun ini USN hanya menerima 2 ribu quota, tapi kemungkinan yang akan diterima tidak akan sampai 2 ribu, sebab yang diutamakan adalah kualitas dan bukan kuantitas.
“Untuk pendaftar on line, hingga seminggu menjelang ujian sudah 2 ribuan, termasuk yang menjadikan USN Kolaka sebagai pilihan dua dan tiga.”kata Azhari.
Selain ujian SBMPTN, USN juga akan membuka pendaftaran untuk seleksi Mandiri yang di khususkan bagi pelajar dari Kolaka dan Sultra yang tidak terkafer di ujian on line. Mereka semua akan dikuliahkan di kampus USN di Tanggetada yang pembangunannya dimulai tahun ini. Sebelum kampus tersebut rampung, pihak USN akan menggunakan gedung SMA Tanggetada satu hingga dua bulan kedepan, bahkan siap membayar sewa kalau memang dimintai biaya sewa. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *