Home » Berita Terpopuler » Ternyata SMPN 2 Kolaka Klaim Tanah Warga
SMPN 2 Kolaka

Ternyata SMPN 2 Kolaka Klaim Tanah Warga

Kolaka,MySultra– Ternyata SMPN 2 Kolaka selama ini telah mengklaim tanah warga sebagai miliknya.

Kasus tanah yang melibatkan warga dan SMPN 2 Kolaka yang berjalan hingga bertahun-tahun yang sama-sama mengklaim, akhirnya diselesaikan Pemkab Kolaka dan hasilnya ternyata yang memiliki penguatan secara hukum atas tanah itu adalah warga, bukan milik SMPN 2 Kolaka sebagaimana pengakuan Kepala SMPN 2 Kolaka.

“Persoalan saling mengklaim lokasi tanah antara SMPN 2 Kolaka dan masyarakat, sudah kami selesaikan.”Kata Asisten I Setda Kolaka, H.M.Ismail Bella, Rabu (28/1/2015) di ruang kerjanya.

Menurut mantan asisten III Setda Kolaka ini, setelah pihaknya melakukan pertemuan dengan menghadirkan kepala SMPN 2 Kolaka dan masyarakat yang bersengketa, bersama beberapa pihak yang berwenang, akhirnya ditemukan kesepakatan, dimana tanah yang saat ini ditempati masyarakat memang tanah mereka.

Diceritakannya, memang awalnya masyarakat membeli lokasi itu dari pemerintah. Namun belakangan SMPN 2 Kolaka mengklaim sebagai lokasinya. Tapi saat dilakukan pemeriksaan surat-surat yang dipegang kedua belah pihak, ternyata lokasi itu benar-benar milik masyarakat.

“Ternyata dari surat kepemilikan yang dipegang oleh masyarakat terbukti kalau tanah masyarakat masuk dilokasi SMPN 2 Kolaka yang luasnya sekitar 20 x 40 meter.”Ungkapnya.

Diungkapkannya, selama ini yang dipegang oleh pihak SMPN 2 Kolaka hingga mengklaim tanah milik masyarakat adalah rencana pengembangan sekolah dan bukan kepemilikan lokasi, sebab memang saat itu dipersyaratkan lokasi harus ditambah hingga masuk kelokasi masyarakat. Tapi tanah yang akan dijadikan pengembangan adalah milik masyarakat.

Terjadinya sengketa lahan antara warga dan pihak sekolah bermula ketika masyarakat akan membangun rumah dilokasi tanah miliknya, tapi dilarang oleh pihak sekolah dengan alasan tanah itu milik SMPN 2 Kolaka, sehingga masyarakat yang merasa hak diganggu mendatangi Pemda Kolaka meminta kejelasan akan hakya, hingga kasus ini berjalan cukup lama dan bisa diselesaikan, serta ada bersetujuan yang dibuat bahwa tanah tersebut adalah milik masyarakat. (A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *