Home » Headline » Ternyata Pemkab Koltim Berutang Rp 265 Juta di RS Kolaka
KETERANGAN GAMBAR: Direktur RSBG, dr.H.Abd. Azis Amin,MARS

Ternyata Pemkab Koltim Berutang Rp 265 Juta di RS Kolaka

Sudah otonom sendiri dan tak lama lagi memiliki Bupati definitif, ternyata Pemkab Kolaka Timur (Koltim) masih menyisakan utang bagi masyarakatnya pada Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka. Tidak tanggung-tanggung utang sebesar Rp 265 juta belum dibayar.
Karena belum membayar utang Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) pada tahun 2014 di zaman Pj. Bupati H. Tony Herbiansyah, membuat masyarakat Koltim harus gigit ‎jari karena tidak lagi diterima berobat hanya dengan menggunakan kartu keluarga. Jika ingin berobat mereka harus masuk menggunakan BPJS atau umum. Sementara penerus Tony Herbiansyah yakni H. Anwar Sanusi belum juga mau melunasi utang Pemda.
“RSBG terbuka bagi siapapun dan tidak pernah menolak pasien manapun. Hanya saja untuk administrasi Jamkesda Koltim tidak berlaku lagi, karena belum ada MoU dengan pihak RSBG tahun 2015.”kata Direktur RSBG Kolaka, dr.H.Abd. Azis Amin,MARS, selasa (28/7/2015).
‎Karena tidak ada kesepakatan, maka pasien miskin dari Koltim tidak bisa dilayani menggunakan Jamkesda. Seharusnya menurut dr. Azis ketika ada masyarakat suatu daerah tidak sanggup membayar biaya rumah sakitnya, maka menjadi kewajiban Pemerintah daerah untuk membayarnya.
Untuk kasus Koltim sendiri menurut dr. Aci panggilan akrab dr. Azis, mereka ‎baru bisa membuat MoU tahun 2015 berkaitan dengan Jamkesda jika membayar terlebih dahulu tunggakan mereka pada tahun 2014 yakni Rp 265 juta. Diakuinya sudah perna mempertanyakan kepada Pemda Koltim kapan tunggakan mereka dibayar, tapi belum ada balasannya.
Diungkapkannya, ‎pada tahun 2013 Jamkesda Koltim masih dibayar oleh Pemda Kolaka. Ketika masuk tahun 2014 sudah terpisah pembiayaan Jamkesda, dimana semua ditanggung Pemda Koltim. Tapi sayang pada saat ditanggung penuh oleh Pemda Koltim inilah justru terjadi tunggakan hingga mencapai Rp 265 juta.
“Karena itu kami meminta maaf kepada masyarakat Koltim karena terpaksa kami tidak menerima yang berobat menggunakan Jamkesda.”kata dr. Aci.

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
PENULIS: (A Arsyad)

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *