Home » Berita Terpopuler » Terbuka Peluang Masyarakat Miskin Kuliah di USN

Terbuka Peluang Masyarakat Miskin Kuliah di USN

 

Dr. Kabul Budiman

MySultra – Kolaka

Suatu kebanggaan Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka negeri, sebab saat ini terbuka peluang bagi masyarakat miskin untuk kuliah.

“Setelah USN negeri, untuk biaya SPP/semester disesuaikan dengan kemampuan orang tua calon Mahasiswa atau dikenal dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT).”kata ketua panitia Maba USN Kolaka tahun pelajaran 2014/2015 , Dr. Kabul Budiman didampingi Kabag humas USN, Dr. Ahmad Lamo Said, senin (14/7/2014).

Untuk tahun ini, USN Kolaka menerima UKT satu sampai empat. Untuk UKT pertama diterima sebanyak 40 persen dari jumlah Maba yang diterima dengan disesuaikan kemampuan orang tua, dimana untuk UKT pertama ini mereka membayar uang SPP Rp 500 ribu/semester, UKT kedua kategori mampu diterima 30 persen dengan biaya SPP Rp 1 juta/semester, UKT ketiga diterima 15 persen biaya SPP Rp 1.250.000/semester dan UKT keempat diterima 15 persen dengan biaya SPP Rp 1.750.000/semester.

Ditanya adanya kemungkinan Mahasiswa mengisi data untuk mendapat UKT pertama, Kabul mengungkapkan dalam formulir isian sudah jelaskan semua terkait kondisi keluarganya, sehingga sulit untuk memanipulasi data. Jika nantinya terdapat konflik dari warga yang mengatakan bahwa Mahasiswa yang bersangkutan kategori mampu, maka tim USN yang dibentuk akan turun lapangan melihat secara langsung.

“UKT ini merupakan program pemerintah agar semua masyarakat bisa mengenyam pendidikan. Ini merupakan subsidi silang demi pemerataan pendidikan. Bahkan ada di UGM anak tukang becak masuk fakultas kedokteran. UKT tertinggi itu Rp 7 juta/semester, tapi belum bisa diterapkan di Kolaka.”kata Kepala biro BAAK USN ini.

Kabul mengungkapkan bahwa dalam penerimaan Maba tahun ini tercatat pendaftar sebanyak 1500 orang dari 11 Prody yang ada dan akan mengikuti seleksi pada tanggal 15 Juli 2014. Meski demikian, pihak USN masih akan membuka gelombang kedua yang dibuka mulai tanggal 15 juli sampai 25 agustus 2014.

Sementara itu ditempat terpisah, Rektor USN Dr. Azhari mengungkapkan, gelombang kedua dibuka untuk menutupi prody yang kurang peminat seperti Faperta, sementara yang diminati adalah Sistem Informatika (SI). Khusus untuk Faperta, Rektor akan mengistimewakan lulusan SMA/Sederajat yang berada di wilayah Kolaka selatan, terutama di kampus induk USN Kolaka di Tanggetada dengan UKT terendah yakni SPP Rp 500 ribu/semester sampai selesai. (Armin)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *