Home » Berita Terpopuler » Terbentuk Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Sulawesi Tenggara

Terbentuk Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Sulawesi Tenggara

Kendari-MySultra.Com

Sejumlah wartawan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara(Sultra) mendeklarasikan pembentukan Forum Bahasa Media Massa (FBMM) untuk membantu pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia.

Forum tersebut dideklarasikan Kamis (30/04/2015) dalam suatu acara Dialog Bahasa Media Massa yang diselenggarakan Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara. Selain Deklarasi juga sekaligus memilih  Arifuddin Makka sebagai Ketua yang selanjutnya akan menyusun kepengurusan lebih lengkap.

Sebelumnya, Wakil Walikota Kendari, Musadar Mappasomba ketika tampil sebagai pembicara pada acara tersebut mengatakan, media masa merupakan guru  bahasa masyarakat. Karena itu, wartawan dan kantor bahasa sudah saatnya untuk bekerjasama dalam upaya pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia.

Wartawan melalui media, kata,  Musadar,  memiliki peran dan fungsi strategis dalam pengembangan, pembinaan bahkan memperkaya kosa kata bahasa Indonesia ditengah masyarakat. Sebab,  wartawan menggunakan pilihan kata dalam meyampaikan informasi yang disampaikan kepada pembaca atau pendengar.

Kepada sejumlah wartawan media cetak, media elektronik termasuk  wartawan media on line, Musadar mengingatkan, agar dalam membuat tulisan,  senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai kaidah-kaidah bahasa Indonesia. Dengan demikian, kata Musadar, bahasa Indonesia dapat menjadi sarana yang efetif untuk mencersadaskan bangsa serta mengantarkan bangsa Indonesia kedalam tingkat kehidupan dan peradaban yang modern.

Untuk meningkatkan kerjasama wartawan dan kantor Bahasa, Wakil Walikota Kendari ini menyarankan untuk membentuk forum . Selanjutnya, forum   membuat berbagai program kerja aksi guna pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia. (Sudirman Duhari)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *