Home » EKONOMI » Tahun Ini, Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau Kecil di Sultra Rampung
Keterangan foto : Tampak Kadis Kelautan dan Perikanan membuka FGD di salah satu hotel Kendari
Keterangan foto : Tampak Kadis Kelautan dan Perikanan membuka FGD di salah satu hotel Kendari

Tahun Ini, Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau Kecil di Sultra Rampung

KENDARI, MYSULTRA.COM – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) Askabul Kijo mengatakan  tahun ini, Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hal tersebut dikatakan dihadapan peserta focus group discussion (FGD) tentang RZWP-3-K Sultra di salah satu hoteldi Kendari, Kamis (2/11). “Kami upayakan akhir November  dokumen final sudah rampung 100 persen,” jelasnya.

Saat ini tim pokja RZWP-3-K terus melakukan kajian dan melengkapi materi RZWP-3-K dengan melakukan FGD, dengan FGD akan ada masukan dan tambahan materi sehingga RZWP semakin lengkap, setelah dilakukan perbaikan  kemudian dihasilkan dokumen final  selanjutnya meminta saran dan tanggappan dari  Kementerian Kelauatan dan Perikanan di Jakarta,” terang Askabul.

Ada beberapa hal yang masih akan melakukan kajian diantaranya kajian lokasi dan perairan di Wakatobi, kajian adanya pelabuhan  jetty pertamabangan nikel di wilayah pesisir, termasuk nama beberapa wilayah pesisir

Nantinya RZWP   menjadi dasar mengeluarkan izin  eksploitasi di laut, mirip  tata ruang kalau di darat, jadi kalau di lokasi situ tidak  untuk pembangunan jalan, yah tidak boleh membangun.RZWP melindungi sumber daya alam, artinya tidak semua kawasan bisa digunakan untuk pembangunan. wisata bahari .

Sebelumnya kata Askabul RZWP rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di dimulai tahapan konsultasi publik untuk meminta tanggapan penyusunan peraturan daerah sekaligus kesepakatan dengan stakeholder terkait seperti dinas perhubungan, dinas pariwisata, dinas ESDM, dinas PU, dan dinas lingkungan hidup dan Bappeda. (ido)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Ketgam:
WR II USN Kolaka, Syahrir Sahaka

18 Pendaftar CPNS Tes SKB di USN Kolaka

KOLAKA, MYSULTRA.COM– Sedikitnya 18 orang pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, ...

Ilustrasi

Dinasti Korupsi Yang Dibentuk Di Atas Meja Makan keluarga

(Belajar Dari Dinasti Korupsi E-KTP, Dinasti Korupsi RS Sumber Waras dan Garuda Indonesia) Tradisi korupsi ...