Home » Baubau » Suku Cia Cia Laporo Gelar Ritual “Maataano Galampa” Sambut Panen Jagung
Suku Cia Cia Laporo kelurahan Bugi kec. Sosorawol Kota Baubau menggelar Ritual Mmaataan Galampa sambut panen jagung

Suku Cia Cia Laporo Gelar Ritual “Maataano Galampa” Sambut Panen Jagung

BAUBAU , MY SULTRA.COM –  Masyarakat Suku Cia Cia Laporo kelurahan Bugi kec. Sosorawol Kota Baubau kembali menggelar Ritual Maataan Galampa Selasa (1/3). Ritual ini rutin dilaksanakan menjelang akhir masa Panen Jagung. Puncak acara ritual dilaksanakan di Galampa Kel. Bugi yang dipimpin langsung Ketua Adat atau Parabela.
Sebelum puncak acara Maataano Galampa, dilaksanakan ritual Batanda’a. Dalam ritual Batanda’a diramaikan kaum muda yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam setiap ritual adat. Baanda’a ddineriahka pagelaran Tari Linda semalam suntuk dengan tabuhan bedug oleh para perangkat adat.
“Sebenarnya banyak makna dibalik keterlibatan anak muda ini karena merekalah yang nantinya akan menjadi penerus kelestarian adat,” kata Djunuddin Parabela Suku Cia Cia Kel. Bugi. Ritual adat bagi suku Cia Cia menjadi keharusan. Bahkan ada keyakinan bahwa jika ritual ini ditinggalkan maka berimbas pada hasil panen yang menurun.
“Sudah tradisi adat seperti itu dan kami disini selalu menularkan kepada generasi muda agar tetap dipertahankan,” kata La Ali Tokoh adat lainnya.
Selaun Maataano Galampa, ritual lain yang juga dilaksanakan adalah Maataano Santa. Ritual ini ddilksanakan setiap 6 bulan. Artinya dalam setahun, Suku Cia Cia Laporo menggelar 2 kali ritual adat yakni Maataano Galampa dan Maataano Santa

Penulis : Bardin

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *