Home » Berita Terpopuler » Sertifikasi Batu Akik Bombana, Dinas Perindustrian Kerjasama PT Sukopindo Makassar

Sertifikasi Batu Akik Bombana, Dinas Perindustrian Kerjasama PT Sukopindo Makassar

Anton Ferdinan, Kabid. Pengembangan Industri,Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal, Kabupaten Bombana

Kendari, Mysultra

Pengolahan Batu Akik asal Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) nampak semakin marak. Usaha pengolahan Batuk Akik itu, bukan saja hanya menjadi industri rumah tangga (homes indutri) oleh penduduk setempat, tapi kegiatan itu juga mulai dilirik oleh para investor dari luar.

 Karena itu Batu Akik asal kabaena itu, mulai dipasarkan secara luas yang peredarannya,   bukan saja dalam bentuk barang jadi berupa cincin permata, bahkan juga dipasarkan dalam bentuk batu bongkahan. Maka tidak heran bila Batu Akik asal Pulau Kabaena itu, sudah beredar secara  nasional.

 “Pengolahan Batu Akik asal Kabaena itu sepatutnya sudah perlu mendapat perhatian khusus pembinaannya oleh pemda setempat,” kata Kepala Bidang Pengembangan indutri, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal, Kabupaten Bomana, Antor Ferdinan kepada May sultra beberapa waktu lalu.

 Ia mengatakan, pengolahan Batu Akik tersebut, sudah perlu mendapat pembinaan khusus agar menjadi ciri khas dan jati diri  Kabupaten Bombana. “Dalam kaitan  itu Dinas perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Bombana tahun ini telah memproyeksikan pelatihan bagi penduduk pengrajin,” ujarnya.

 Kemudian dalam rangka sertifikasi Batu Akik tersebut, instansi tehnik tersebut akan menjalin kerjasama dengan PT.Sukopindo Makassar. Ini dimaksudkan agar kualitas  Batu Akik asal Pulau Kabaena itu, tidak komplain oleh daerah lain, guna menghindari kesan  Sapi punya susu, tapi kerbau punya nama,” jelas Anton Ferdinan. (ichsan Lemba).

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *