Home » Baubau » Sejarah Jangan Banyak Versi
Kabanti Pendidikan Karakter di Baubau
Kabanti Pendidikan Karakter di Baubau

Sejarah Jangan Banyak Versi

KENDARI, MY SULTRA.COM – Penerapan nilai budaya bagi kalangan generasi muda harus menjadi perhatian. Banyak kalangan generasi muda yang saat ini justru enggan mempelajari sejarah budaya. Mungkin karena pengaruh modernisasi yang membuat rendahnya minat kalangan generasi muda tentang sejarah. Menyikapi hal ini, para pembina siswa di SMAN 3 Baubau menggelar kegiatan Lomba Kabanti dan drama tradisional.
Menurut kepala SMAN 3 Baubau Dra. Hasma Ramli, kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya sebatas Lomba dan seremonial. Namun hal penting yang diharapkan adalah bagaimana penerapan nilai nilai budaya bagi para siswa dalam kehidupan sehari hari.
“Kita siapkan siswa dengan mental dan karakter, bukan hanya sekedar belajar Ilmu pengetahuan tapi harus disiapkan dengan karakter,” kata Hasma Ramli.
Kabanti sendiri adalah jenis sastra Wolio yang berisi nasehat dan petuah dari kalangan orang tua yang memiliki nilai filosofi. Salah satu kendala yang kini dihadapi adalah banyaknya versi yang menjelaskan tentang sejarah. Hal ini menyebabkan rendahnya keinginan generasi Muda dalam memahami nilai budaya.
“Kita berharap ada satu versi untuk sejarah, semua kalangan sejarawan dan para tokoh budaya harus sepakat membuat satu rumusan yang sama, supaya tidak membingungkan,” kata Wawan pemerhati budaya.

Penulis : Bardin


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *