Home » Headline » Safei Shalat Idul Adha di Masjid Khaerah Ummah

Safei Shalat Idul Adha di Masjid Khaerah Ummah

KOLAKA, MY SULTRA. COM -Bupati Kolaka, H Ahmad Safei melaksanakan shalat idul adha 1437 hijriyah di masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka, senin (12/9/2016).
‎Dalam sambutannya, Ahmad Safei mengajak kaum Muslimin untuk mengisi idul adha dengan melakukan kurban, baik itu sapi maupun kambing sebagai upaya menyucikan harta, sekaligus sebagai implementasi kepedulian pada sesama muslim yang hidup digaris kemiskinan.
Selain itu, diajak untuk mendoakan jemaah haji Kolaka yang berjumlah 194 orang yang saat menjalankan ibadah haji di tanah suci, sehingga mereka pulang ke tanah air dengan jumlah yang sama dan mendapat predikat haji mabrur.
Sementara Kepala Kantor Kemenag Kolaka H Abdul Azis Baking selaku khatib mengungkapkan, perintah ibadah haji bersumber dari Nabi Ibrahim As. Alangka celaka yang memiliki kemampuan tapi tidak memenuhi panggilan Allah, justru beranggapan yang naik ke tanah suci orang gila, lebih baik dana tuk ke tanah suci digunakan membangun rumah ataukan membelikan kendaraan. Pada hal betapa indahnya jika meninggal di tanah suci ketika menjalankan ibadah haji.
‎Menurut Azis Baking, sejarah pelaksanaan ibadah haji bersumber dari Nabi Ibrahim yang saat itu setelah berkurban 1.000 ekor kambing, 300 ekor sapi dan 100 ekor unta, Ibrahim berkata seandainya memiliki anak dan Allah memerintahkan mengorbankan, akan dilakukan.
‎Ternyata doa Nabi Ibrahim dikabulkan dengan seorang anak bernama Ismail dan kemudian dalam mimpi diperintah ‎oleh Allah untuk menyembelih Ismail. Demi ketaatan pada Allah, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menerima perintah Allah. Dalam perjalanan untuk mengorbankan anaknya, Ibrahim diganggu syetan supaya jangan mengorbankan anaknya. Tapi  dilempari oleh ibraahim, syetan juga mengoda ismail dan siti hajar tapi mereka juga melemparnya demi ketaatan pada Allah. Inilah yang mendasari jemaah haji melempar jumrah 3 kali.
Pada hari idul adha tahun ini, berdasarkan data dari ‎Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kolaka, tercatat 239 ekor sapi dan 15 ekor kambing yang dikurbankan, baik itudilakukan Pemda Kolaka, instansi, BUMN, universitas, swasta, organisasi Islam maupun masyarakat yang dilakukan dengan cara perorangan maupun kelompok.( A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *