Home » Headline » Safei Resmikan Gedung Metrologi Pertama di Indonesia Timur
Bupati Kolaka Ahmad Safei membuka segel timbangan yang digunakan sebagai alat tera, usai meresmikan gedung metrologi
Bupati Kolaka Ahmad Safei membuka segel timbangan yang digunakan sebagai alat tera, usai meresmikan gedung metrologi

Safei Resmikan Gedung Metrologi Pertama di Indonesia Timur

KOLAKA, MYSULTRA.COM – Bupati Kolaka H Ahmad Safei meresmikan penggunaan gedung ‎metrologi pertama di wilayah Indonesia timur, dirangkaikan launcing pelayanan tera dan tera ulang UPTD metrologi legal dinas koperindag Kolaka, Rabu (25/5/2016).

Bupati Kolaka, Ahmad Safei berharap pengelola UPTD metrologi legal melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga ada kepastian hukum pada masyarakat, utamanya takar menakar pada 4 kabupaten, yakni Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Bombana.

“Saya harap masyarakat tidak membawa alat ukurnya untuk di tera, tapi ketika melakukan penjualan bukan alat ukur yang sudah ditera yang digunakan, tapi yang belum. Ini tidak boleh terjadi,” harapnya.

Dengan adanya UPTD metrologi, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, sebab dengan hadirnya UU 23 yang mencabut beberapa kewenangan kabupaten/kota, membuat kabupaten/kota berinovasi dan mencari celah dalam peningkatan PAD. Karena itu, pada dinas yang ada supaya mengembangkan potensi yang bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah, sebagaimana dilakukan dinas Koperindag dan UPTD pengujian kendaraan yang sudah berjalan.

Kadis koperindag Kolaka, Asmani Arief mengungkapkan, di Indonesia yang memiliki UPTD metrologi baru 11 daerah, sementara satu-satunya di wilayah Indonesia Timur baru ‎ada di kabupaten Kolaka. Karena itulah Kementerian Perdagangan RI telah mengeluarkan kode UPTD metrologi Kolaka yakni 73, sebagai tanda daerah kabupaten Kolaka.

‎Sementara k‎epala balai standarisasi metrologi legal regional IV kementerian perdagangan Aen Jaeni mengungkapkan, ‎berkaitan tera dan tera ulang sudah menjadi kewenangan kabupaten/kota.

Aen berharap UPTD Metrologi legal ‎Kolaka menjadi pioner bagi UPTD di Indonesia timur, sekaligus menjadi contoh kabupaten/kota di wilayah indonesia timur untuk membentuk UPTD metrologi legal di daerah masing-masing.

“Dengan diresmikannya UPTD metrologi legal, berarti sudah bisa secara mandiri melakukan tera dan tera ulang, meski masih dibawah pembimbingan regional IV,” kata Aen Jaeni.

Penulis: (A Arsyad)

 


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

yusril

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *