Home » Berita Terpopuler » Safei Lunasi Utang Masyarakat Koltim di RSBG Kolaka
Ket Gambar. Bupati Kolaka, Ahmad Safei
Buppati Kolaka, H. Ahmad Safei

Safei Lunasi Utang Masyarakat Koltim di RSBG Kolaka

Mysultra – Kolaka.  Buppati Kolaka, H. Ahmad Safei langsung bertindak setelah mendengar kalau Pemkab Kolaka Timur (Koltim), masih berutang di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) tuk biaya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) masyarakat miskin di daerah itu.
Ahmad Safei yang peduli pada masyarakat, serta menganggap masyarakat Koltim bagian tidak terpisahkan dari kabupaten Kolaka, tidak terima kalau pada masa kepemimpinan Pj. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah tahun 2014 tetap ditagih oleh RSBG Kolaka ‎sebesar Rp 265 juta. Bupati langsung bertindak dengan menghapuskan utang Pemkab Koltim pada RSBG.
“Ketika saya mengetahui informasi melalui media adanya utang masyarakat Koltim, saya menyatakan mengapa harus ada utang anak kepada bapaknya. Maka saya menyampaikan bahwa hal itu akan kami tangani. Ini demi masyarakat'”ungkap Safei.
Mantan Sekda Kolaka ini menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya bukanlah hal yang berlebihan, sebab Kabupaten Kolaka merupakan kabupaten induk dari kabupaten Koltim, apalagi sebagian besar rakyat Koltim masih menggunakan KTP Kolaka, sehingga tidak ada salahnya kalau Pemda Kolaka menghapus utang Pemkab Koltim untuk dianggarkan pada APBD dalam membayar utang di RSBG Kolaka.
‎Safei mengakui bahwa memang yang namanya utang haruslah dilunasi, apalagi status RSBG sudah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dimana pengelolaan keuangannya diurus mereka sendiri. Karena itu, Safei memiliki tanggungjawab tuk melunasi utang masyarakat Koltim, apalagi pada saat dirinya terpilih menjadi Bupati Kolaka, dia juga menang di wilayah Kolaka Timur, sehingga wajar kalau dirinya memperhatikan mereka.
Sebelumnya, ‎ Direktur RSBG Kolaka, dr.H.Azis Amin.MARS menyampaikan bahwa RSBG Kolaka terbuka bagi siapa saja termasuk masyarakat miskin dari Koltim. Namun secara administrasi mereka tidak diterima menggunakan Jamkesda, tapi harus menggunakan BPJS atau umum. Hal ini disebabkan karena Pemkab Koltim pada tahun 2014 dimasa kepemimpinan H. Tony Herbiansyah menunggak Rp 265 juta.
Berdasarkan pengakuan dr. Azis, pada tahun 2013 Jamkesda Koltim masih dibayar oleh Pemda Kolaka. Ketika masuk tahun 2014 sudah terpisah pembiayaan Jamkesda, dimana semua ditanggung Pemda Koltim. Tapi sayang pada saat ditanggung penuh oleh Pemda Koltim inilah justru terjadi tunggakan hingga mencapai Rp 265 juta. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *