Home » Berita Terpopuler » Safei Ingin Populerkan Cengkeh di Kolaka

Safei Ingin Populerkan Cengkeh di Kolaka

MySultra – Kolaka

Bupati Kolaka, Ahmad Safei bercita-cita mempopulerkan tanaman cengkeh di Kolaka, hingga dikenal di seluruh Indonesia bahkan internasional.

“Kita ingin populerkan tanaman cengkeh di Kolaka. Setiap disebut cengkeh, Kolaka juga disebut.”Kata Bupati saat membuka Musrembang RPJMD,

Safei mengungkapkan, dengan potensi yang dimiliki kabupaten Kolaka yang begitu sempurna, hingga muncul perkataan bahwa ‘sebagian surga ada di Kolaka’ membuatnya akan mengembangkan pertanian dan perkebunan, khususnya tanaman cengkeh. Apalagi cengkeh dimanfaatkan seluruh dunia, diantaranya digunakan rempah-rempah untuk memanaskan suhu tubuh, tapi tidak semua daerah bisa tumbuh tanaman cengkeh dan Indonesia saat ini kebutuhannya masih inpor.

Bupati juga mengaku kaget dengan pernyataan petani kalau di Kolaka setiap musim panen cengkeh terjual Rp 2 sampai Rp 3 Triliun. Ketika diteliti masuk akal. Karena itulah, kebijakan yang akan diambil tahun 2015 akan membuka 1000 hektar tanaman cengkeh baru di masyarakat, dengan menanggung bibit dan biaya pemeliharaan Rp 1 juta/hektar selama tiga tahun, sebab pada tahun keempat masyarakat tidak mungkin meninggalkan tanaman mereka. Jika dihitung-hitung, dana yang dibutuhkan untuk bibit dan pemeliharaan sekitar Rp 2 Milyar dan itu tidak terlalu besar dengan APBD Kolaka saat ini.

“Saya minta kepada camat untuk menyiapkan lahan, kemudian tinjau dan kaji apakah cocok untuk tanaman cengkeh atau tidak.”katanya.

Terkait pemasarannya, Bupati mengakui jika selama ini ketika terjadi panen harga dipengecer murah bahkan sampai Rp 50 ribu/kilo, sementara di pulau Jawa Rp 230 ribu/kilo. Ini nanti akan ditangkap baik dengan membuatkan lembaga bekerjasama dengan perbankan, guna membangun resi gudang yang kemudian dijual dengan harga maksimal.

“Petani sampaikan, supaya tanaman cengkeh tumbuh ada empat indicator yang memungkinkan untuk tanam cengkeh, yakni disitu ada pohon sagu, durian lokal, pohon melinjo dan berhubungan hawa laut. Kalau tidak ada salah satunya, jangan tanam cengkeh karena tidak akan tumbuh. Ini ilmu tidak tertulis dan petani menerapkannya.”Kata Ahmad Safei. (Armin)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *