Home » Berita Terpopuler » Saat Ini, Sultra Miliki 600 Desa Wisata

Saat Ini, Sultra Miliki 600 Desa Wisata

Kendari_MySultra.Com

Sampai tahun 2014, jumlah desa wisata di Sultra berjumlah 600 desa yang terseber di seluruh wilayah Sultra, sementara pariwisata berbasis pedesaan sebanyak 2000 desa wisata.

Demikian dikatakan penggiat wisata minat khsusus, Arwan Ganda Saputra, saat menjadi pemateri tentang Desa Wisata Sebagai Konsep Pemberdayaan Masyarakat, pada acara Desa Wisata dan Sapta Pesona yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra dan Dinas Pemuda. Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (2/9).

“Jumlah tersebut terus meningkat, jika dibandingkan tahun 2013 yang hanya 500 desa, tahun 2012 hanya 400 desa, 2011 berjumlah 300 desa dan tahun 2010 saat pertama kali dicanangkan desa wisata yakni 200 desa,” jelasnya.

Dikatakan, desa wisata adalah suatu wilayah yang memiliki keunikan dan daya tarik yang khas berupa atraksi, makan minum, cinderamata, keunikan fisik lingkungan alam pedesaan maupun kehidupan sosial budaya masyarakat.

Dari sisi pemberdayaan desa wisata mampu memberdayakan masyarakat lokal, karena desa wisata mampu  menggerakan kunjungan wisata ke desa yang bersangkutan.

“Apalagi kedepan boleh dibilang warga dunia, kemungkinan lebih tertarik pada desa wisata (minat khusus), ketimbang harus ke laut, atau ke pantai, tapi lebih tertarik pada obyek yang lebih special atau unik,”terangnya.

Yang lebih menarik lagi, jelas Ganda pengembangan desa wisata lebih arif karena tidak bertentangan dengan budaya setempat, pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, serta pembangunan tidak merubah kearifan lokal.

Menurutnya Sultra memiliki potensi yang lebih besar untuk mengembangkan desa wisata, hanya saja pmerintah sebagai regulator dan fasilitator harus mampu mendorong desa wisata lebih berkembang lagi,

“Saya pikir pemda harus serius mengembangkan desa wisata, karena desa wisata tidak merusak lingkungan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,”jelasya.

Lebih lanjut dikatakan, hal lain yang mendorong perkembangan desa wisata antara lain adanya dukungan SDM lokal yang terlatih sebagai  pemandu bagi pengunjung untuk menikmati  pemandangan alam lingkungan pedesaan.

Kadis Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Kendarin, Baiduri Nehru dalam sambutan pembukaan yang dibacakan Sekretaris Pemuda, Olaharaga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hajar Aswan mengatakan sektor pariwisata merupakan sektor yang akan dikembangkan terus menerus mengingat sektor pariwisata bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan PAD suata daerah.(ido)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *