Home » Berita Terpopuler » Rusman – Malik Menangkan Pilkada Muna Meski Kalah di PSU

Rusman – Malik Menangkan Pilkada Muna Meski Kalah di PSU

RAHA, MY SULTRA.COM – Meski pasangan LM Baharuddin – La Pili unggul satu suara pada perhitungan sementara tiga TPS dalam Pemumgutan Suara Ulang (PSU) pilkada Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) Selasa (22/03),  namun hampir bisa dipastikan pasangan Rusman Emba-Malik Ditu akan ditetapkan sebagai pemenang.

Pasalnya akumulasi suara Rusman Emba – Malik Ditu dari 318 TPS yang tidak ikut PSU ditambah suara di 3 TPS pada PSU, perolehan suara pasangan nomor urut satu ini lebih besar yakni mencapai 47.649 suara (47,37 %), sementara pasangan Baharuddin – La Pili hanya 47.566 suara (47,28 %) sisanya 5.381 suara ( 5,35 %) diraih pasangan La Ode Arwaha Saputera – La Ode Samuna.

Pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, pasangan  Baharuddin – La Pili menang 33 suara. Namun pasangan Rusman Emba- Malik Ditu menggugat di Mahkamah Konstitusi (MK). Selanjutnya MK memerintahkan PKU setempat untuk menggelar PSU di 3 TPS.

Sesuai dengan putusan MK maka perolehan suara yang diakui oleh MK adalah hasil perhitungan suara di 318 dari 321 TPS atau minus suara di 3 TPS. Dengan demikian sebelum PSU di 3 TPS, pasangan Rusman Emba- Malik Ditu kembali unggul 94 suara. Pada PSU di tiga TPS pasangan Rusman Emba – Malik Ditu pun kalah satu suara, tetapi secara akumulatif perolehan suaranya mengungguli pasangan incumbent yang didukung oleh partai terbesar di provinsi ini yakni PAN.

Rusman Emba mengundurkan diri dari anggota DPR-RI karena menjacalonkan diri sebagai calon Bupati Muna. Sedang Malik Ditu sebelumnya adalah Wakil Bupati Muna yang mendampingi Bupati Baharuddin.

Penulis : Sudirman Duhari  

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *