Home » Kolaka Utara » Rusda : Adipura Untuk Kolut, Murni

Rusda : Adipura Untuk Kolut, Murni

Sambutan, Rusda Mahmud  saat memberikan sambutanya atas keberhasilan meraih adipura ke-2 (foto: Luis)

MySultra.Com :Lasusua   Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud menyatakan piala adipura yang diraih  untuk kedua kalinya dan menempatkan Kolaka Utara diurutan 14 kabupaten/kota, bukanlah hasil lobi atau sogokan. Namun merupakan murni penilaian tim dan ini diakuai secara nasional.

Peryataan itu disampaiakan Rusda, saat menyampaikan sambutanya dihadapan rausan masyrakat yang menyambut piala adipura di pelabuahan tobaku, Senin (9/6).

Bahkan lanjut Rusda, dari tim penilai adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Balai Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dari 12 kabupaten/kota hanya 4 daerah yang memenuhi nilai passinggret kebersihan lingkungan.

Menurut Rusda, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan kalau dilandasi dengan niat baik dan tulus. Awalnya dirinya pesimis akan dapat meraih piala adipura. Namun karena niat yang tulus dan kerja keras sehingga adipura dapat diraih.

“Penilaian adipura di Kolut murni merupakan penilaian yang bermutu dan didasari atas fakta lapangan yang nyata tampa ada rekayasa atau lobi” kata Rusda.

Saat ini, kata Rusda dengan adanya pemanasan global pemerintah dan masyarakat dituntut untuk melakukan penghijauan disemua kawasan terbuka.

“Jangan pernah membuang sampah disembarang tempat. Lebih lagi sampah plastik yang butuh waktu 450 tahun baru dapat terurai” katanya.

Sampah plastik harus diolah dengan baik. Jangan dibakar, sebab  dapat membahayakan lapisan ozon bumi yang berakibat terhadap pemanasan global.

“Hari lingkungan yang mengambil tema, satukan langka lindungi ekosistem pesisir dalam rangka pengantisipasi pemanasan global. Ini harus dilakukan bersama” ujarnya.

Lebih jauh Rusda mengharapkan dengan adanya bank sampah dan meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat arti kebersihan lingkungan dan penghijaun maka Kolaka Utara akan menjadi daerah pelopor kawasan pengantisipasi pemanasan global.

Penulis Luis.

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *