Home » EKONOMI » Rokhmin Dahuri : Bantuan Kepada Nelayan Harus Memenuhi Skala Ekonomi
Seminar BI ok

Rokhmin Dahuri : Bantuan Kepada Nelayan Harus Memenuhi Skala Ekonomi

KENDARI, MYSULTRA.COM – Bantuan pemerintah yang diberikan kepada nelayan semestinya tidak tangggung, namun harus memenuhi skala ekonomi, sebab jika tidak maka bantuan tersebut tidak akan mengangkat kesejahteraan nelayan.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan, IPB, Prof DR Ir Rokhmin Dahuri, MS  saat Seminar Nasional bertajuk “Mendorong Sektor Perikanan Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru Sulawesi Tenggara”,  yang diselenggaran Bank Indonesia Rabu 20/12/2017).

Rokhmin, lalu memberi contoh bantuan alat tangkap kepada nelayan misalnya paling kurang harus Rp 40 juta agar mencapai skala ekonomi,  memelihara ayam petelur minimal  harus mencapai 2000 ekor. “ kalau jumlahnya diawah itu tidak akan untung,semua itu ada rumusnya sendiri. Jadi Pak Plt Gubernur, Pak Bupati, Pak Walikota kalau ada Kepala Dinasnya yang memberikan bantuan dibawah skala ekonomi, maka pecat saja,” kata Rokhmin sambil tertawa.

Selain menekankan skala ekonomi, Rokhmin mengatakan pengembangan perikanan juga harus terpadu dan terintegrasi sampai industri, pabrik dan pemasaran. Menurutnya nelayan saat ini masih membayar biaya sarana produksi terlalu tinggi diatas harga pabrik akibat banyaknya pedagang perantara sehingga sulit meningkatkan kesejahteraan. Saat ini kata Rokhmin, kesejahteraan hanya mungkin jika pendapatan perkapita mencapai 4 juta rupih. “Itu baru bisa berada diatas garis kemiskinan, “katanya.

Skala Ekonomi merupakan fenomena turunnya biaya produksi per unit dari suatu usaha yang terjadi bersamaan dengan meningkatnya jumlah produksi (output). Skala Ekonomi terjadi ketika biaya total rata rata jangka panjang menurun seiring dengan meningkatnya output. Ketika produksi yang semakin tinggi akan mennyebabkan suatu usaha/perusahaan menambah kapasitas produksi, dan pertambahan kapasitas ini menyebabkan kegiatan produksi bertambah efisien. (Dir)

 

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Suasana Rapat PWI Sultra tolak Rencana Perubahan Hari HPN

PWI Sultra Menolak Keinginan Dewan Pers Ubah Tanggal HPN

KENDARI, MYSULTRA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menolak keras keinginan Dewan Pers ...

Asrun Huhua, Rapatkan Barisan

Asrun – Hugua Dukung Kabaena Kepulauan Jadi Kabupaten

KENDARI, MYSULTRA.COM – Pasangan Calon Gubernur – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Asrun- Hugua) menyatakan ...