Home » Baubau » Ritual Adat Manyarakat Lipu Katobengke Jelang Panen
Ritual adat Masyarakat Lipu Katobengke di Masa Panen

Ritual Adat Manyarakat Lipu Katobengke Jelang Panen

BAUBAU, MY SULTRA.COM – Masyarakat Kelurahan Lipu Katobengke kembali melaksanakan pesta panen. Lokasi pesta panen dilaksanakan rutin setiap tahun dan dipusatkan di puncak palagimata. Lokasi ini juga merupakan lokasi yang disepakati oleh masyarakat adat. Pasalnya, di lokasi yang disebut Liwu ini terdapat sebuah makam tua yakni makam Parabela Mancuana.

Makam ini sangat disakralkan karena nama Parabela mancuana adalah sesepuh adat. Rangkaian acara ritual pesta adat ini diawali dengan ziarah makam. Selanjutnya ada beberapa tahapan ritual yang dilaksanakan oleh para tokoh adat dengan mengelilingi lokasi tersebut dengan ritual khusus di beberapa penjuru mata angin.

Ada pemandangan menarik yang terlihat, dimana diletakkan beberapa jenis makanan dalam wadah khusus dan diperebutkan oleh warga. Warga meyakini jika mendapat kesempatan untuk mengambil makanan tersebut maka ia pun akan mendapat berkah.

“Saya sering menghadiri acara ini karena ada nilai kebersamaan dan makna mendalam dalam ritual ini. Apalagi ini rutin setiap tahun,” kata La Ode Ardi salah seorang pengunjung.

Selain itu ritual ini tentunya merupakan wujud rasa syukur atas rezeki berupa hasil panen yang melimpah dari sang pencipta.

Penulis : BArdin

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *