Home » Buton Utara » Rapat Koordinasi TPID Digelar di Butur

Rapat Koordinasi TPID Digelar di Butur

BUTUR – MySULTRA.COM

Sejumlah rekomendasi dan kesimpulan yang dihasilkan setelah rapat evaluasi pengendalian inflasi yang digelar selama 3 hari di Kabupaten Buton Utara (Butur), sejak 15 – 16 Oktober 2015 lalu.

Ke 9 kesimpulan dimaksud yakni, Beberapa upaya yang telah dilakukan baik oleh TPID Provinsi maupun TPID Kabupaten / Kota dinilai telah efektif dalam mengendalikan inflasi khususnya pada saat hari raya Idul Fitri.

Pada bulan September, inflasi Sultra berada diatas inflasi nasional. Atas dasar hal tersebut diharapkan peran aktif seluruh anggota TPID dan instansi terkait dalam upaya pengendalian inflasi di daerah masing – masing.

Salah satu penyumbang inflasi Sultra terbesar adalah komoditas beras yang merupakan produk utama sector pertanian di Sultra.

Beberapa permasalahan yang terjadi terkait komoditas beras adalah banyaknya hasil produksi beras yang dijual keluar ke provinsi lain (kondisi di sultra keluar gabah, masuk beras).

Untuk dapat meminimalkan keluarnya komoditas beras dari Sultra perlu dilakukan beberapa hal diantaranya, Membangun penggilangan padi dengan kualitas yang bagus dengan mempertimbangkan skala prioritas daerah mana saja yang perlu dibuatkan mesin penggilingan.

Mengadakan mesin panen dilokasi yang selama ini menjadi sentra penghasil beras. Mendorong pelaksanaan system resi gudang untuk beras sekaligus membangun gudang dengan kapasitas yang optimal.

Pencatatan stok dan aliran keluar masuk untuk komoditas beras, baik melalui jalur darat maupun laut.

Salah satu factor penyebab tingginya inflasi di Sulawesi Tenggara adalah kurangnya interkoneksi antar wilayah yang mengalami surplus komoditas dengan daerah yang mengalami deficit komoditas.

Sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi daerah, wajib dilakukan kerja sama perdagangan antar daerah untuk dapat saling membantu memenuhi kebutuhan masing-masing daerah.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, setiap daerah wajib menyusun data pemenuhan dan kebutuhan komoditas strategis sebagai bahan penyusunan mekanisme kerjasama perdagangan antar daerah.

Untuk mendukung kegiatan setiap TPID Kabupaten/Kota diharapkan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan TPID pada tahun 2016.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan koordinasi pengendalian inflasi di Provinsi Sulawesi Tenggara, diharapkan masing – masing TPID Kabupaten/Kota menyampaikan laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan ke masing – masing Sekretariat Daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Buton Utara tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi program kerja.”Kami juga membahas mekanisme kerjasama antar daerah untuk dapat mengendalikan inflasi di Sulawesi Tenggara,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra Harisuddin dalam rilisnya.(Mas`ud)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *