Home » METRO KENDARI » Pusat Promasi dan Informasi Daerah di Kendari Terbengkalai

Pusat Promasi dan Informasi Daerah di Kendari Terbengkalai

Kendar – MySultra.Com

Pusat Promosi dan Informasi Daerah (P2ID) di dibilangan jalan Budi Oetomo Kendari, Sulawesi Tenggara sudah berpuluh – puluh tahun terbengkalai akibat  kepemilikan hak atas tanah lokasi tersebut, masih dalam proses hukum.

Dalam lokasi P2ID tersebut, terdapat empat rumah adat yaitu, Rumah Adat Buton, Muna, Kabupaten Kendari (Saat ini Kabupaten Konawe) dan rumah adat Kabupaten Kolaka.

Rumah adat inilah yang menjadi tempat promosi setiap daerah saat pameran pembangunan digelar setiap tahun pada saat itu.

Setiap rumah adat saat pameran berlangsung, ditampilkan berbagai kerajinan masyarakat, koleksi peninggalan bersejarah serta berbagai hasil bumi yang menjadi andalan setiap daerah.

Saat itu, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih memiliki empat kabupaten, sehingga dalam lokasi P2ID hanya terdapat empat rumah adat.

Saat Ini Sulawesi Tenggara memiliki 16 Kabupaten Kota, namun sengketa pemilikan hak atas tanah lokasi pembangunan P2ID masih simpang siur.

“Saya hanya penjaga rumah adat pak, saya tidak mencampuri proses hukum atas sengketa pemerintah dan masyarakat, kami juga sudah dengar pemerintah menang dalam kasus ini, tetapi masyarakat yang mengaku pemilik lokasi ini mengatakan masih dalam proses hukum,”kata Penjaga Rumah Adat Kabupaten Konawe, Aba RAbu (2/9).

Karo Humas pemerintah Sulawesi Tenggara, Kusnadi yang dikonfirmasi, membenarkan adanya sengketa lahan P2ID tersebut.

Menurutnya sudah ada putusan yang memenangkan Pemerintah Provinsi, namun kembali diserobot masyarakat.

“P2ID sudah ada putusan yang inkrach, berkekuatan hukum tetap, tetapi masih ada masyarakat yang mengklaim lokasi tersebut,” jelas Kusnadi.

Sengketa tanah lokasi pembangunan P2ID bergulir sejak kepemimpinan dua gubernur sebelumnya, namun hingga saat ini kasus tersebut masih belum jelas.  (Mas`ud)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *