Home » Headline » Puluhan Kerajaan Dalam dan Luar Negeri akan Hadir di Sultra

Puluhan Kerajaan Dalam dan Luar Negeri akan Hadir di Sultra

Kendari-MySultra.Com

Puluhan kerajaan dari dalam  dan luar negeri akan menghadiri Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean 2015 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dari 12 November sampai 15 November yang dipusatkan di alun-alun MTQ.

Ketua IV Panitia Festival Keraton  dan Masyarakat Adat Asean  Drs. H.Damsid, M.Si mengatakan  peserta dari dalam negeri berjumlah 87 kerajaan,  dari luar negeri masing-masing dari Asean tujuh kerajaan dan tiga lainya dari Belanda dan Pakistan. “Ke tujuh  kerajaan dari Asean masing-masing berasal dari Singapura, Malaysia, dan Philipina,”jelasnya.

Khusus dalam negeri meliputi Kesultanan Yogyakarta, Kesultanan Bima, Kesultanan Ternate, Kesultanan Palembang, Kerajaan Goa, Kerajaan Bone, Kedatuan Luwuk, Kerajaan Denpasar, Kerajaan Bulungan, dan Kerajaan Lampung.

“Khusus 10 kerajaan akan menampilkan sistim kesenian antara lain, kedatuan Luwu, kerajaan Denpasar dari Bali, Kerajaan Bulungan dari Kalimantan, Kerajaan Lampung, dan beberapa kerajaan lain,”kata Damsid yang juga Kadis Pendidikan Sultra, kepada wartawan Kamis (15/10).

Sementara dari Sultra akan tampil utusan dari Kesultanan Buton, Kerajaan Muna, Keajaan Konawe, Kerajaan Tiworo, Kerajaan Rumbia, Kerajaan Kabaena, Kerajaan Mekongga Kerajaan Laiwoi.

Dikatakan, berbagai persiapan telah dilaksanakan  diantaranya  kesiapan hotel dan akomodasi. Sedangkan  dana berasal dari APBD Sultra sebesar Rp5 miliar, sedangkan dari pusat hanya berupa dukungan promosi.

Festival yang mengambil tema Menyongsong dan Mengusung ASEAN Community 2015 bakal dibuka oleh presiden Joko Widodo. “Kalau bukan pak presiden, pak wapres yang akan membuka,”terang Damsid.

Lebih lanjut Damsid menandaskan manfaat dari pelaksanaan festival keraton dan masyarakat adat Asean pertama meningkatkan kapasitas daerah, kedua mempromosikan potensi Sultra kepada para tamu.

Damsid berharap semua elemen masyarakat Sultra mendukung dan menyukseskan festival keraton nusantara dan masyarakat adat Asean. (ido)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *