Home » Berita Terpopuler » Puluhan Jemaah Asal Bombana Pulang Sendiri

Puluhan Jemaah Asal Bombana Pulang Sendiri

Jemaah haji kabupaten Bombana yang pulang sendiri melalui bandara Sangia Nibandera tanpa ditemani maupun dijemput PPIH Bombana

MySultra – Kolaka

Sedikitnya 25 jemaah haji asal kabupaten Bombana yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 24, pulang sendiri dan “terlantar” di bandara Sangia Nibandera Kolaka, Rabu (5/11/2014).

Ditengah acara penjemputan jemaah haji asal kabupaten Kolaka dan Koltim yang tergabung dalam kloter 24, tiba-tiba muncul rombongan jemaah haji yang menggunakan pesawat garuda Indonesia sekitar pukul 10.50 wita. Usut punya usut ternyata mereka adalah jemaah haji asal kabupaten Bombana yang tergabung dalam kloter 24.

Diantara para jemaah, terdapat satu orang tua yang tidak bisa berjalan tapi dibantu dengan menggunakan kursi roda bernama H. Andi Talib, begitupun terdapat seorang nenek yang tidak bisa berbahasa Indonesia dan tidak tahu keluarganya bernama Hj. Waugi, sehingga PPIH Kolaka dan aparat kepolisian serta TNI membantu jemaah asal Bombana ini dengan mempersilahkan duduk di tempat acara penjemputan sambil memanggil keluarga para jemaah untuk masuk didalam bandara.

“Kasian ini nenek, diterlantarkan oleh panitia haji Bombana, mana dia tidak tahu keluarganya, makanya kita terus memanggil keluarganya supaya datang menjemput nenek ini.”Kata salah seorang panitia, Ulla.

Menurut penuturan H. Saing dan kawan-kawan, mereka memilih menggunakan pesawat yang menuju Bandara Sangia Nibandera Kolaka, meski harus membeli tiket sendiri karena jarak antara bandara Sangia Nibandera dengan rumah mereka sangat dekat, jika dibandingkan bandara Haluoleo yang digunakan teman-temannya yang satu kloter denganya yang berasal dari Bombana bersama panitia.

“Kami terpaksa lewat Kolaka karena dekat, apalagi ada beberapa orang yang sakit. Kalau dari Kendari jauh.”Kata salah seorang jemaah.

Karena tidak melihat satupun PPIH Bombana, didasari atas kemanusiaan, PPIH Kolaka membantu jemaah haji dalam mengambil barang bawaan mereka, hingga meninggalkan bandara Sangia Nibandera.

Sementara itu, Kasi penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Kolaka yang juga panitia PPIH, La Nuzuru yang dicoba di konfirmasi terkait masalah ini dihubungi lewat handphonenya ternyata tidak aktif atau tidak bisa dihubungi. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *