Home » Berita Terpopuler » PU Siapkan 10 Milyar Konpensasi Jalan 2 Jalur

PU Siapkan 10 Milyar Konpensasi Jalan 2 Jalur

Kolaka,MySultra-

Dalam perluasan jalan dalam kota Kolaka menjadi dua jalur, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kolaka menyiapkan dana sekitar Rp 10 milyar untuk konpensasi lahan masyarakat.

Kadis PU Kolaka, H. Abbas ditemui senin (2/2/2014) mengungkapkan, dana yang disiapkan dinas PU kurang lebih Rp 10 milyar dari APBD untuk digunakan konpensasi lahan masyarakat yang dilalui perluasan jalan. Perluasan jalan akan dimulai dari km 12 menuju kota Kolaka sejauh 10 km., dengan lebar 24 meter yang diperuntukkan untuk tengah medium jalan dengan lebar 1,5 meter yang diperuntukkan untuk tiang listrik (penerangan jalan) dan taman. Lebar aspal antara 7 sampai 8 meter, serta untuk trotoar dan drainase tertutup

Menurut Abbas, ide perluasan jalan muncul dengan melihat kondisi rill yang dihadapi kota Kolaka saat ini, dimana jalan Kolaka dari dulu tidak ada perubahan, akibatnya mulai tinggi angka kecelakaan lalu lintas. Karena itu, memang sepantasnya kota Kolaka dibenahi tata ruangnya, sehingga diinginkan begitu masuk kota Kolaka, betul-betul sudah terlihat bahwa ini kota Kolaka yang tertata dengan memiliki jalan dua jalur.

Karena jalan negara merupakan kewenangan Kementerian PU sesuai UU nomor 38 tahun 2014, maka pihak dinas PU Kolaka melakukan koordinasi dengan Dirjen Bina Marga, dimana mereka menanggapi positif usulan Pemkab Kolaka. Hanya saja Kementerian PU mau menganggarkan untuk jalanan apabila permasalahan lahan dengan masyarakat untuk pelebaran jalan tidak ada masalah.

Tim bentukan Pemda sudah melakukan sosialisasi pada enam kelurahan yang ada dalam kota Kolaka, yakni 19 November, Sabilambo, Lalombaa, Balandete, Tahoa dan Laloeha. Selain itu, pihak dinas PU telah mengantisipasi dengan menyiapkan dana melalui APBD terkait konpensasi lahan, termasuk pagar dan infrastruktur masyarakat lainnya, apalagi semua masyarakat mendukung pelebaran jalan.

Adapun besaran konfensasi lahan belum dilakukan pembicaraan, sebab sampai hari ini dinas PU bersama tim lainnya masih melakukan pengukuran, termasuk melakukan pendataan dengan melibatkan kepala dusun sebagai lini depan. Setelah rampung, baru dilakukan pertemuan dan kemungkinan besar Pemda Kolaka akan melibatkan tim indevendent dan tim penaksir harga.

“Pemkab Kolaka tidak ingin merugikan masyarakat, sebab proyek ini pro rakyat, sehingga dalam melakukan sosialisasi kami menyampaikan pada masyarakat bahwa tidak ada paksaan dan penggusuran, tapi bagaimana masyarakat sadar bahwa ini merupakan kebutuhan bersama.”Kata mantan Kabid bina Marga dinas PU Kolaka ini. (A Arsyad)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *