Home » BISNIS » PT Vale Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Lingkungan Pertambangan 2015

PT Vale Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan Lingkungan Pertambangan 2015

Kendari -MySultra,Com:

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kembali meraih penghargaan “Pengelolaan Lingkungan Pertambangan” terbaik tahun 2015. Direktur Legal dan Sekretaris Korporat PT Vale Indonesia , Ratih Amri, mewakili manajemen PT Vale, menerima piagam dan thropy penghargaan “Pengelolaan Lingkungan Pertambangan” terbaik untuk kategori perusahaan tambang pemegang kontrak karya dari Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir. Bambang Gatot MM., mewakili Menteri ESDM di Jakarta pada Kamis malam (17 September 2015).

Siaran Pers yang diterima MySultra.Com menyebutkan, Ada sekitar 78 perusahaan tambang yang mengikuti penilaian untuk penghargaan “Pengelolaan Lingkungan Pertambangan” tersebut.PT Vale menerima piagam Aditama bersimbol emas dan thropy penghargaan tersebut pada gelaran Penghargaan Pengelolaan Keselamatan dan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara 2015 yang merupakan ajang tahunan Dirjen Minerba, Kementerian ESDM di Jakarta (Kamis malam, 17 September 2015).

Menurut Ratih Amri, pemberian penghargaan ini memberi motivasi bagi kami untuk terus mencapai prestasi setinggi-tingginya dalam pengelolaan lingkungan pertambangan. “Tahun lalu kami juga meraih piagam dan trofi penghargaan sebagai perusahaan tambang terbaik  kategori perusahaan pemegang kontrak karya untuk pengelolaan lingkungan pertambangan. Kini walaupun kondisi bisnis pertambangan lagi lesu, tapi soal kelestarian lingkungan, kami berkomitmen untuk harus tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan baik,” ujar Ratih Amri.

Kriteria pengelolaan lingkungan pertambangan meliputi pengelolaan batuan penutup, erosi dan sedimentasi, pembibitan, reklamasi dan revegetasi, sarana penunjang, serta pemantauan. Penilaian dilakukan para inspektur tambang dan tenaga ahli yang berasal dari lembaga terkait serta perguruan tinggi terkemuka yang tergabung dalam Dewan Penilai. Tahapan penilaian terdiri dari penilaian awal secara administrasi, verifikasi atau evaluasi lapangan, serta penilaian akhir.

Hasil penilaian berupa pemeringkatan untuk masing-masing penghargaan, yaitu Aditama ( bersimbol Emas), Utama (bersimbol Perak), dan Pratama ( bersimbol Perunggu). Sedangkan penghargaan trofi adalah penghargaan yang terbaik (best of the best) diberikan hanya pada perusahaan yang terbaik di antara para penerima kategori emas dengan kinerja terbaik.

Menurut Ratih Amri, penghargaan ini adalah apresiasi terhadap hasil kerja keras seluruh karyawan khususnya yang terkait dengan operasional tambang dan lingkungan. “Di sisi lain, penghargaan ini menjadi tantangan bagi kami  untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan  lingkungan pertambangan bahwa aspek lingkungan dan keselamatan adalah bagian dari nilai-nilai utama Vale daripada keuntungan semata. Komitmen kami jelas, yakni menerapkan standar praktik-praktik pertambangan yang baik,” ujar Ratih Amri.(*/Sudirman Duhari)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *