Home » Berita Terpopuler » PT Vale Harus Bangun Pabrik di Kolaka

PT Vale Harus Bangun Pabrik di Kolaka

Mysultra.com – Kolaka: PT Vale Indonesia (eks PT Inco), diharuskan untuk membangun pabrik di Kabupaten Kolaka, meski dalam renegosiasi Kontrak Karya (KK) yang diperpanjang masa kontraknya hingga  tahun 2045, tidak ada kewajiban membangun pabrik.

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin terkait renegosiasi KK PT Vale, secara pribadi mengungkapkan keberatannya jika PT Vale tidak diwajibkan membangun pabrik di Kolaka, sementara lahan PT Vale di Kolaka cukup luas dibandingkan PT Antam UBPN Sultra.

“Kita harus berpikir, PT Antam saja yang memiliki lahan seluas 6 ribu hektar bisa membangun pabrik, apalagi PT Vale yang memiliki lahan seluas 26 ribu hektar, masa tidak bisa bangun pabrik. Kita harus desak supaya bangun pabrik. Selama ini kalau hanya CRA apa yang didapat Pemda? Masyarakat hanya memakan debu.”Kata Jayadin, Kamis (19/6) di ruang kerjanya.

Menurut Jayadin, renegosiasi yang dilakukan PT Vale dengan Pemerintah Pusat tidak melibatkan Pemda Kolaka. Keputusan ini masih baru dan Pemda Kolaka belum menerima hasil final dari renegosiasi itu. Renegosiasi ini diketahui dari pemberitaan on line. Jika renegosiasi benar adanya yakni PT Vale tidak memiliki kewajiban membangun pabrik di Kolaka karena sudah ada pabriknya di Sorowako, maka masyarakat Kolaka sangat dirugikan.

“Jadi Pemda Kolaka hanya penunggu tanah PT Vale.”Tegasnya.

Jayadin menyayangkan selama ini banyak kalangan yang selalu membangga-banggakan PT Vale, sementara apa yang telah diberikan dan membangun untuk kepentingan masyarakat serta daerah. Karena itulah, nantinya dia akan membicarakan hal ini dengan pihak DPRD Kolaka dan masyarakat karena sangat dirugikan masyarakat. Diharapkan DPRD Kolaka bisa mendukung hal ini.

Jayadin sangat setuju kalau lahan yang dimiliki PT Vale dilepas 50 persen dari luas lahan yang dimiliki kepada Pemda Kolaka seperti dilakukan di blok Lapao-Pao. Jika ingin dilakukan, apapun bisa dilakukan Pemkab Kolaka dalam mensejahterakan masyarakat. (Armin)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *