Home » BISNIS » Program Agfor di Sultra Berakhir

Program Agfor di Sultra Berakhir

“Jujur saja kami masih mengharapkan agfor di Sultra, hal ini karena agfor telah memberikan bukti nyata dalam penguatan kapasitas petani”

KENDARI, MYSULTRA.COM – Program Agroforestri (Agfor) di Sulawesi Tenggara (Sultra) berakhir terhitung, Selasa (22/11) 2016. Hal tersebut dikatakan Pimpinan Proyek Agfor Wilayah Sultra James M. Roshetko, kepada MySultra.Com, di salah satu hotel di Kendari, Selasa (22/11).“Setelah lima tahun Agfor di Sultra pada sektor pertaniann dan perkebunan, maka mulai hari ini program agfor selesai, agfor sendiri masuk di Sultra sejak 2011 lalu,” jelasnya.

Agfor merupakan program yang didanai oleh pemerintah Kanada untuk meningkatkan kapasitas petani dan perbaikan lingkungan di Kabupaten Konawe, Konawe Konsel dan Kolaka Timur (Koltim).

Selama program ini berjalan agfor telah meningkatkan pendapatan ribuan petani di tiga kabupaten. Keberhasilan ini, jelas James, berkat kamauan yang kuat dari masyarakat, dukungan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi.

Wakil Bupati Konawe Parinringi mengkui sejak agfor masuk di Konawe,  pendapatan petani meningkat dan pengetahuan petani terhadap pertanian, dan pengelolaan lingkungan meningkat.

Hal serupa dikatakan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutan (BP4K)  Idarwaty menjelaskan program Agfor di Koltim telah mampu meningkatkan ekonomi petani. “Jujur saja kami masih mengharapkan agfor di Sultra, hal ini karena agfor telah memberikan bukti nyata dalam penguatan kapasitas petani.

Ketua Bapedda Sultra Natsir Andi Baso menambahkan agfor  telah membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Penulis: (ido)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...