Home » Berita Terpopuler » Presiden Jokowi Respon Positif Rencana Pemamfaatan Aspal Buton

Presiden Jokowi Respon Positif Rencana Pemamfaatan Aspal Buton

Kendari, MySultra.Com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon positif atas usulan Gubernur Sulawesi Tengara (Sultra) Nur Alam untuk memamfatkan dan mengembangkan Aspal Buton dengan menjadikan Buton sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Alhamdulillah presiden merespon sangat positif. Dan kalau Aspal Buton dimamfaatkan, Indonesia bisa menghemat devisa Negara,” tutur Nur Alam Kamis (09/04/2015) pada acara Musrembang Prov Sultra.

Nur Alam Selasa (07/04/2015) secara khusus menemui presiden di istana negara untuk mengusulkan percepatan pembangunan nasional khususnya pembangunan daerah melalui optimalisasi sumber daya alam di Sulawesi Tenggara seperti nikel, emas dan Aspal Buton.

Khusus Aspal Buton, kata Nur Alam, potensinya terbesar di dunia. Cadangannya mencapai 3,8 milyar ton dengan nilai ekonomi Rp 2.031 trilyun. Jika Aspal Buton itu dimamfaatkan dapat mensuplai kebutuhan aspal Indonesia selama 360 tahun, tutur Nur Alam.

Kebutuhan aspal nasional setiap tahunnya rata-rata 1,2 – 2 uta ton, sementara produksi aspal minyak yang dihasilkan PT. Pertamina hanya sekitar 500.000 ton sehingga untuk mencukupi kebutuhan pembangunan jalan di Indonesia, terpaksa harus diimpor dari berbagai Negara dalam bentuk aspal curah maupun aspal drum. Impor aspal ini sangat menguras devisa Negara.

Aspal Buton, tutur Nur Alam, kwalitas dan harganya bisa bersaing dengan aspal minyak, apalagi jika didukung dengan tehnologi pengolahan hingga menghasilkan produk yang lebih berkwalitas . Untuk memamfaatkan kekayaan alam Indonesia yang berlimpah di Buton itu, kata Nur Alam, diperlukan komitmen pemerintah.

Nur Alam yakin jika Aspal Buton dimamfaatkan, bukan saja hanya mengangkat kesejahteran masyarakat Sulawesi Tenggara, namun juga dapat menghemat devisa negara yang selama ini terkuras untuk membeli aspal minyak.(Sudirman.D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *