Home » Berita Terpopuler » Potensi Rumput laut Sultra Sangat Besar

Potensi Rumput laut Sultra Sangat Besar

MySultra – Kendari

Seluruh Kabupaten Kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi dan mengembangkan rumput laut. Data resmi Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra yang diperoleh MySultra menyebutkan, total produksi diperkirakan kurang lebih 146.856 kg/thn dengan luas lahan produksi kurang lebih 12.238 ha yang didominasi jenis Eucheumma Cottoni. Produksi tersebut dihitung dengan asumsi tingkat produksi rata-rata 3ton/ha/thn dengan jumlah tanam rata-rata 4 kali per tahun.

Kepala Dinas Perikannan dan Kelautan Sultra, Ir Askabul Kijo  menyatakan produksi tersebut sesungguhnya dapat ditingkatkan hingga 4-5 kali lipat mengingat luas perairan laut yang dapat dikonversi menjadi lahan budidaya rumput laut kurang lebih 83.000 ha. Jika produksi lahan tersebut dimamfaatkan hingga 60 persen saja atau seluas 49.800 ha, maka produksi rumput laut Sultra bisa mencapai 597.600.000 kg/thn.

Perluasan lahan produktif hingga 60 persen dari potensi sangat memungkinkan mengingat perairan laut di daerah ini sangat cocok untuk budidaya rumput laut, hal ini terbukti dengan tingginya kwalitas rumput laut asal Sultra dan dapat ditanam sepanjang tahun.(Sudirman.D)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *