Home » EKONOMI » Petani Sultra Belum Manfaatkan Sistem Resi Gudang
Siti saleha

Petani Sultra Belum Manfaatkan Sistem Resi Gudang

Kendari-Myultra.Com :-Petani padi dan perkebunan di sejumlah kabupaten di Sulawesi Tenggara  (Sultra)  kurang memanfaatkan sistem resi gudang secara optimal tetapi memilih menjual produksinya pada musim panen daripada disimpan.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawsi Tenggara (Sultra) Hj Siti Saleha, SE, M.Si, pada Sosialiasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang, di salah satu hotel di Kendari, Rabu(11/10).
“Padahal kalau hasil pertanian dan perkebunan petani disimpang di gudang pada saat panen dan menjualnya pada saat harga naik, tentu ini akan menambah pendapatan petani,” terangnya.
Ada beberapa penyebab petani kurang memanfaatkan sistem resi gudang antara lain petani di wilayahnya lebih cenderung langsung menjual padinya seusai panen, karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta biaya untuk sarana produksi.   .
 
“Untuk hal ini kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten tempat resi gudang dibangun untuk membahas belum maksimalnya pemanfaatan resi gudang,”terang Saleha.
Sampai saat ini system resi gudang yang telah dibangun atas bantuan pemerintah pusat masing-masing dua unit gudang di Konawe Selatan, satu unit di Kolaka, satu unit di Wakatobi dan satu unit di Kabupaten Konawe. Sosialisasi pasar lelang diikuti pelaku usaha, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Konawe, Muna, Konsel dan Bombana. (ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

ASN

Enam aktifitas Ujaran Kebencian Berkategori Pelanggaran ASN

JAKARTA, MYSULTRA.COM – Untuk membantu pemerintah memberantas penyebaran berita palsu (Hoax) dan ujarn kebencian bermuatan ...

Ilustrasi Bom Bunuh Diri

Persyataan Sikap PWI Pusat Soal Teror Bom

Sehubungan dengan aksi terorisme dan pemberitaan pers tentang tindak teorisme tersebut, dengan ini PWI Pusat ...