Home » DUNIA » Perlindungan Konsumen di Sultra Masih Rendah
Siti Saleha
Siti Saleha

Perlindungan Konsumen di Sultra Masih Rendah

KENDARI, MYSULTRA.COM – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulawesi Tenggara Hj. Siti Saleha mengatakan perlindungan konsumen di Sultra masih lemah, hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan konsumen terhadap hak konsumen itu sendiri. Di satu sisi pelaku usaha tidak mengetahui kewajibannya.
Padahal pemerintah telah mengeluarkan UU No  8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dimana di dalam UU tersebut dengan tegas menetapkan sanksi hukum pelaku usaha yang  menyebabkan kurugian konsumen.
Demikian dikatakan kadis dalam sambutannya, yang dibacakan Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Perindag Sultra Muh Ali, saat membuka Sosialisasi fasilitator Motivasi Mandiri bagi masyartakat, yang dilaksanakan Kementerian Perindustrian dan Perdangan. Kamis (30/3)
Untuk membantu konsumen dari kesewenang-wenangan palaku usaha, Pemprov Sultra telah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Sultra yang berada di Kota Kendari.
“Siapa saja konsumen dirugikan oleh pelaku usaha silahkan mengadu ke BPSK Sultra yang berkantor di Kantor Perindag Sultra, BPSK akan menindaklanjuti aduan tersebut ,” jelas Saleha.
Lebih lanjut Saleha menghimbau  masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas,  dan mampu melindungi diri dari mengkonsumsi jasa dan makanan yang tidak memenuhi syarat.
Penulis: (ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

yusril

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Oleh: Yusril Ihza Mahendra (Seri tulisan merespon esai Denny JA: NKRI Bersyariah atau Ruang Publik ...

Kemendagri Jelaskan Kedua Kasus KTP-el Adalah Murni Tindak Pidana.

Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), through Mendagri Tjahjo Kumolo Beroperasi Langsung menyampaikan penjelasannya, Berlangganan penanganan ...