Home » Headline » Perilaku Sehat Pencegahan HIV dan AIDS di Konawe
Kiri, Ibu Bupati Konawe, Vince Sonaru, S.Km di dampingi ibu Wakil Bupati Konawe Arniwati Abunawas,SE,M.Si saat mengawali kegiatan jalan santai dalam rangka hari AIDS
Kiri, Ibu Bupati Konawe, Vince Sonaru, S.Km di dampingi ibu Wakil Bupati Konawe Arniwati Abunawas,SE,M.Si saat mengawali kegiatan jalan santai dalam rangka hari AIDS

Perilaku Sehat Pencegahan HIV dan AIDS di Konawe

UNAAHA, MY SULTRA.COM – Hari AIDS sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember, diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah penyakit menular AIDS di seluruh dunia, sejak itu mulai diperingati oleh pemerintah, seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa (1/12/2015).

H.Gamus,SH,M.si selaku asisten II dalam sambutannya mengatakan, puncak peringatan hari AIDS yang dilaksanakan hari ini (1/12/2015) mengambil tema “perilaku sehat pencegahan HIV dan AIDS ” saatnya semua bertindak untuk berperilaku sehat dan masyarakat yang diharuskan menjadi transportasi harus siap berperilaku sehat untuk mendukung program pencegahan dan penanggulan HIV dan AIDS khususnya di Konawe.

Dijelaskannya, sesuai data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provensi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2012 sebanyak 54 penderita HIV/AIDS, sedangkan Konawe angka penemuan selama lima tahun terakhir terus meningkat, pada tahun 2014 jumlah kasus HIV/AIDS sebanyak 14 orang sedangkan tahun 2015 sampai dengan bulan November tercatat sebanyak lima orang, dengan kasus kematian akibat infeksi HIV/AIDS tahun 2014 sebanyak lima orang.

“Melihat kecenderungan yang ada bukan suatu hal yang mustahil, bila dimasa mendatang jumlah orang mati bergelimpangan karena penyakit HIV/AIDS dan ini akan meningkat disebabkan karena penyakit perilaku, seperti fenomena gunung es, orang bisa kaget tiba-tiba karena disekitarnya sudah banyak ODHA (orang dengan HIV/AIDS) maka dari itu waspadalah,” ungkapnya.

Sayangnya dalam upacara peringatan hari AIDS Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa dan Wakilnya Parinringi,SE tidak berada ditempat untuk menghadiri upacara tersebut. Kery hanya menitip pesan bahwa dirinya berterima kasih kepada segenap masyarakat Konawe umumnya yang telah mendukung kegiatan tersebut hingga dapat terlaksana dengan baik.

Usai kegiatan upacara dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, dilanjutkan dengan jalan santai yang diikuti peserta sebanyak 500 orang, diantaranya unsur LSM dan organisasi profesi masyarakat Konawe. Ada juga penarikan undian doorprise, pertandingan tarik tambang dan bola gotong dengan hadiah yang menarik. (Rido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...