Home » Baubau » Perayaan Nyepi di Baubau : Ogoh Ogoh Dibakar Setelah Keliling Kampung

Perayaan Nyepi di Baubau : Ogoh Ogoh Dibakar Setelah Keliling Kampung

BAUBAU, MY SULTRA. COM  – Umat Hindu kota  Baubau yang bermukim di kelurahan Ngkari Ngkari kecamatan Bungi menyambut Hari Raya Nyepi tahun 1938 Saka dengan suka cita.
Sehari sebelum puncak perayaan Hari Raya Nyepi masyarakat Ngkari Ngkari yang sebagian besar berasal dari Bali ini telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan ritual. Mulai dari kegiatan Penyucian diri atau melasti di Pantai Lambora hingga kegiatan pengrupukan.
Kegiatan ritual pengrupukan dimeriahkan dengan pembakaran Ogoh Ogoh yang merupakan simbol angkara murka Senin (8/3). Ogoh ogoh sebelumnya diarak keliling kampung oleh para pemuda yang dimeriahkan dengan tarian khas.
Pengarakan Ogoh Ogoh ini menyedot perhatian warga Kota Baubau. Bahkan kegiatan ini sudah menjadi momen berwisata bagi masyarakat kota Baubau dari agama lain selain Hindu.
Pelaksanaan ritual hingga pembakaran Ogoh Ogoh dikawal aparat kepolisian dari Polsek Bungi.
Kapolsek Bungi AKP Abdul Halim Kaonga mengatakan, Persiapan pengamanan menjelang Nyepi sudah dilakukan sebelumnya. Bahkan komunikasi dengan masyarakat khususnya tokoh agama Hindu di Ngkari Ngkari. “Sejauh ini semua berjalan lancar karena komunikasi antara kami dengan masyarakat terus dilakukan dan sampai hari H semua berjalan sesuai yang diharapkan,” kata Halim yang ditemui di lokasi pelaksanaan pengrupukan.
Sejauh ini masyarakat Bali yang bermukim di Ngkari Ngkari telah banyak berkiprah dalam kegiatan pembangunan terutama dalam bidang pertanian.

Penulis : Bardin

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *