Home » Headline » Penulisan Media Cetak di Sultra Masih Banyak Kesalahan
Sejumlah wartawan di kota Kendari, Sulawesi Tenggara Senin (30/10/2017) mengikuti Rakor Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa di Medi Massa
Sejumlah wartawan di kota Kendari, Sulawesi Tenggara Senin (30/10/2017) mengikuti Rakor Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa di Medi Massa

Penulisan Media Cetak di Sultra Masih Banyak Kesalahan

KENDARI, MYSULTRA.COM –  Penulisan media cetak di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih ditemukan banyak kesalahan  penggunaan ejaan pada aspek pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca dan penulisan serapan.

Hal tersebut terungkap dalam “ Rapat Kordinasi Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa di Media Massa” yang diselenggarakan Kantor Bahasa Sultra di Kendari Senin (30/10/2017). Rakor tersebut diikuti sejumlah wartawan media cetak dan media on line se kota Kendari. Acara tersebut dibuka Kepala Kantor Bahasa Sultra DR.Sandra Sufitri Hanan, M.A.

Tiga orang peneliti dari Kantor Bahasa Sultra masing masing Uniwati, Firman A.D dan Mulawati dalam laporan penelitiannya mengemukakan bahwa Rakyat Sultra, Kendari Pos, Kolaka Pos dan Buton Pos terdapat banyak kesalahan penggunaan ejaan. Keempat media tersebut menjadi obyek penelitian mereka.

Kesalahan yang paling sering muncul dalam pemakaian huruf adalah pemakaian huruf kapital dan huruf miring. Adapun kesalahan pada penulisan kata  yang paling sering terjadi adalah pemenggalan kata, singkatan dan akronim, angka dan bilangan, serta penulisan kata depan.Kesalahan lain pada bagian ini juga ditemukan, yaitu penulisan kata berimbuhan, kata ulang, gabungan kata, dan partikel, namun intentitasnya tidak terlalu sering.

Rakor tersebut menghasilkan beberapa poin rekomendasi untuk menghindari kesalahan media massa dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar antara lain, perlunya ada bimbingan tehnis terhadap wartawan dan editor. (Dir)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Ketgam:
WR II USN Kolaka, Syahrir Sahaka

18 Pendaftar CPNS Tes SKB di USN Kolaka

KOLAKA, MYSULTRA.COM– Sedikitnya 18 orang pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, ...

Ilustrasi

Dinasti Korupsi Yang Dibentuk Di Atas Meja Makan keluarga

(Belajar Dari Dinasti Korupsi E-KTP, Dinasti Korupsi RS Sumber Waras dan Garuda Indonesia) Tradisi korupsi ...