Home » Business » Pengurus tidak Jujur Penyebab Koperasi di Sultra tidak Beroperasi
koperasi

Pengurus tidak Jujur Penyebab Koperasi di Sultra tidak Beroperasi

Kendari-My Sultra-Com
Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM)  Sulawesi Tenggara (Sultra) Laode Hakim mengatakan salah satu penyebab banyaknya koperasi di Sultra yang  tidak  beroperasi  (mati suri) adalah pengurus yang tidak jujur.
“Ada pengurus koperasi yang merasa memiliki koperasi, akibatnya pengelolaan koperasi tidak sehat  keuanganya dan administrasinya,” kata Hakim saat membuka penyuluhan koperasi bagi kelompok pra koperasi yang di selenggarakan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM di salah satu hotel di Kendari, Kamis (23/3).
Bukan hanya itu banyak koperasi yang dibentuk oleh masyarakat orientasinya hanya untuk  mendapat  bantuan, setelah bantuan  cair  koperasi yang bersangkutan tidak berjalan lagi, pengurus dan anggota tidak aktif.
Saat ini jumlah koperasi di Sultra yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Sultra mencapai 3000 unit, dari jumlah itu sekitar 600 koperasi tidak berjalan.
Kabid Kaderisasi, Deputi Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM Puji Martini mengajak  UKM di Sultra untuk membentuk  koperasi karena koperasi adalah organisasi resmi yang kedudukanya sama dengan perseroan terbatas. Tujuan koperasi dibentuk untuk kesejahteraan anggota.
Penyuluhan koperasi diikuti unsur instansi terkait, pengurus UKM, pengurus koperasi,  pendamping koperasi, dan pengelola  UKM. (ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

HPN

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

bangsoet mysultra

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...