Home » Headline » Pengidap HIV/Aids di Kota Kendari Didominasi Karyawan Perusahaan
Ilustrasi Penderita HIV/AIDS

Pengidap HIV/Aids di Kota Kendari Didominasi Karyawan Perusahaan

Kendari-MySultra.Com

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan Aids Indonesia (KPAI) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis sampai dengan Oktober 2015 penderita HIV/Aids di Kota Kendari didominasi karyawan perusahaan,  padahal  selama ini pekerja seks dan pengguna narkoba jarum suntik yang mendominasi.

“Kalau dipersentase ibu rumah tangga pengidap mencapai 25 persen dari  37 kasus,” kata

Sekretaris Penaggulangan Aids Kota Kendari Rahmi Ningrum , pada acara dialog interaktif tentang bahaya HIV/Aids dan narkoba, kemarin.Kalau dirinci karyawan perusahaan 11 kasus, pekerjaan lainnya sebanyak 9 kasus, ibu rumah tangga 9 kasus, wiraswasta 6 kasus dan TNI/Polri sebanyak 1, kasus,” jelas Rahmi

Dilihat dari usia, mereka yang mengidap didominasi dengan usia produktif yakni usia 25- 49 tahun dengan jumlah sebanyak 31 orang, usia 20-24 tahun sebanyak 4 orang dan balita berusia kurang dari 4 tahun sebanyak 2 orang.

Untuk menekan angka ini, KPA bersama sejumlah pihak terus pelakukan penanganan baik terhadap para pengidap berupa pengobatan ataupun warga kota kendari secara umum melalui sosialisasi.

“Sasaran  Program kami yaitu ODHA (orang dengan HIV/AIDS), dan populasi  kunci yang terdiri dari PENASUN (Pengguna Narkoba Suntik), WPS (wanita pekerja seks) langsung dan tidak langsung, pelanggan/pasangan  WPS/LBT (Lelaki Beresiko Tinggi), LSL ( Lelaki Seks dengan Lelaki) dan Waria, serta WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) di Lapas/Rutan,” rincinya.

 Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Maryam Rufiah mengatakan, kegiatan dialog tentang bahaya narkoba dan HIV/Aids juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari dan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Kendari.(Ido)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *