Home » EKONOMI » Pemerintah Provinsi Sultra Ambil Alih Izin Pertambangan
kegiatan penambangan nikel *Foto dokumentasi Mysultra
kegiatan penambangan nikel *Foto dokumentasi Mysultra

Pemerintah Provinsi Sultra Ambil Alih Izin Pertambangan

Kendari-MySultra..Com –Sejak 2017, penerbitan izin pertambangan di Sultra yang selama ini ditangani pemerintah kabupaten/kota kini telah beralih ketangan pemerintah provinsi.
Hal tersebut dikatakan Kepoala Dinas  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra Burhanuddin saat membuka seminar/workshop  Implementtasi Kode KCMI dan CPI di salah satu hotel di Kendari. Selasa (12/4).
Pengambilalihan kewenangan pengelolaan tambang sesuai dengan Surat Edaran Mendagri Nomor 120/254/SE/2015  dan Srat Edaran Menteri Enerrgi dan Sumberdaya Mineral Nomor 4 E/20/DJB/2015 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubbara.
Pengalihan juga sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014, Dimana Distamben kabupaten/kota tidak lagi mengurusi minyak dan gas bumi, batubara dan sejenisnya, tapi akan fokus ppada galian tambang golongan C.“Dengan begitu bupati dan walikota tidak berhak lagi mengeluarkan izin pertambangan.”jelasnya.
Ia mengajak pengusaha tambang di Sultra untuk melakukan pertambangan secara baik dan profesional. Termasuk kewajibanya. “Kalau selama ini kurang patuh pada tanggungjawabya maka sejak izin diambil alih oleh provinsi  diharapkan lebih baik lagi.”jelasnya. (ido)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Ketua DPRD Kolaka Utara ok

Ketua DPRD Kolaka Utara Diduga Dibunuh oleh Istrinya

KOLAKA UTARA MYSULTRA.COM – Ketua DPRD Kabupaten Kolaka utara , Sulawesi Tenggara (Sultra) Musakkir Sarira diduga ...

Pasar Sentral Kota Kendari

Telan Dana Rp 124 Milyar, Pasar Sentral Kota Kendari Belum Berkontribusi PAD

KENDARI- MYSULTRA.COM – Pembangunan Pasar Sentral Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menelan dana APBD sebesar ...