Home » Headline » Pemda Kolaka Akhirnya Raih Predikat WTP
Bupati Kolaka H Ahmad Safei menerima penghargaan WTP yang diserahkan kepala BPK Perwakilan Sultra Widiyatmantoro.
Bupati Kolaka H Ahmad Safei menerima penghargaan WTP yang diserahkan kepala BPK Perwakilan Sultra Widiyatmantoro.

Pemda Kolaka Akhirnya Raih Predikat WTP

KENDARI,MYSULTRA.COM– Setelah dua tahun memimpin Kolaka, Bupati Kolaka H Ahmad Safei akhirnya dapat membawa Pemda Kolaka meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Penyerahan WTP pada Pemkab Kolaka atas laporan keuangan tahun anggaran 2016, diserahkan kepala BPK Perwakilan Sultra Widiyatmantoro kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei, selasa (29/5/2017), disaksikan ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir dan sejumlah pejabat linkup Pemkab Kolaka.
‎Usai menerima penghargaan WTP, Ahmad Safei mengatakan bahwa opini WTP ini merupakan baru pertama diraih Pemda Kolaka, meskipun Kolaka satu dari empat kabupaten tertua di Sultra. Prestasi ini diraih, berkat kerja keras dan dukungan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan DPRD Kolaka.
‎”Raihan ini berkat dukungan teman-teman staf dan pimpinan SKPD, juga ketua DPRD Kolaka beserta seluruh jajahannya yang sangat peduli terhadap kinerja Pemda, sehingga di tahun ketiga masa pemerintahan saya, kabupaten Kolaka memperoleh WTP,” ungkapnya.
Mantan sekda Kolaka ini mengaku bahwa untuk mendapatkan opini WTP dari BPK tidaklah mudah, tapi dibutuhkan kerjasama semua pihak. Bahkan terkait keuangan daerah, untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) semua jenjang pendidikan, termasuk SMA/sederajat tetap dilaporkan pertanggung jawabannya, meskipun sudah diambil alih pihak Provinsi.
Karena itulah Safei berharap dan sangat optimis di tahun-tahun mendatang Pemkab Kolaka tetap mempertahankan WTP, sebab terkait laporan keuangan dan meraih opini WTP merupakan kewajiban daerah, sesuai Undang-Undang nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, khususnya pada pasal 17 ayat 2 dan 3.
“Merupakan kewajiban semua daerah untuk berupaya melakukan yang terbaik bagi daerahnya, khususnya berupaya semakin baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan,” kata Ahmad Safei.
Sementara itu kepala BPK Perwakilan Sultra Widiyatmantoro mengatakan, opini WTP diberikan atas hasil kerja keras masing-masing daerah. Pemberian WTP mengacu pada empat kriteria, yakni kesesuaian standar Akutansi, pengelolaan dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan, laporan keuangan di back up dengan sistem pengendalian manajemen yang baik, serta kecukupan pengungkapan.
“Untuk daerah yang memenuhi empat kriteria itu, maka akan mendapatkan opini WTP,” kata Widiyatmantoro.
Sebelumnya, Pemda Kolaka hanya bisa meraih Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini disebabkan persoalan aset yang belum terselesaikan, utamanya adanya oknum pejabat Pemkab Kolaka yang enggan mengembalikan aset berupa mobil dan motor ketika memasuki masa pensiun. ‎(A Arsyad)


Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Muhammad Poli

DPRD Sultra Desak Eksekutif Segera Serahkan Draf APBD-P

KENDARI, MY SULTRA.COM – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ...

UKW ok

Pembekalan Peserta Uji Kompotensi Wartawan Anggota PWI

KENDARI, MY SULTRA.COM – Sebanyak 22 orang wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi ...