Home » EKONOMI & BISNIS » Pelabuhan Kendari Untuk Penumpang, Bunggu Toko Untuk Barang

Pelabuhan Kendari Untuk Penumpang, Bunggu Toko Untuk Barang

Kendari –MySultra.Com

Pelabuhan Nusantara, di Kota Kendari, ibu kota  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan difokuskan untuk pelayanan penumpang  ,sementara untuk distribusi barang akan dialihkan ke Pelabuhan Bunggu Toko.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, usai meninjau kedua pelabuhan tersebut Jumat (10/04/2015). Alasannya menurut Ignasius, pelabuhan Nusantara milik Pelindo tersebut aksesnya lebih dekat dan lebih mudah dijangkau jika dibanding dengan pelabuhan Bunggu Toko.

Di Pelabuhan Nusantara Kendari, setiap harinya tercatat penumpang 1000-1500 orang penumpang naik turun menyeberang ke Buton, Muna,Wakatobi. Karena itu, Ignasius meminta kepada Pelindo untuk memperluas terminal yang makin hari makin dipadati oleh penumpang.

Sementara itu Gubernur Sultra, Nur Alam menambahkan bahwa Pelabuhan Nusantara Kendari akan diperuntukkan selain untuk melayani penumpang antar pulau dan kepentingan angkutan wisata, juga akan digunakan sebagai [elabuhan bagi kapal dengan bobot kecil untuk melayani penumpang antar kepulauan,  sebab di teluk tersebut akan dibangun jembatan yang melintasi teluk sehingga tak bisa dilalui oleh kapal besar.

Untuk kapal barang  dengan kapasitas  diatas  50.000 ton akan dibongkar- muat di pelabuhan Bungku Toko. “Sebab areal Pelabuhan Nusantara itu sudah sangat sempit, hingga tidak memungkinkan lagi untuk aktifitas bongkar muat barang di situ” tegas  Nur Alam

Sementara itu Walikota Kendari, Asrun, mengungkapkan, kini pihaknya sudah mulai membangun akses jalan menuju Pelabuhan Bunggu Toko dengan membangun jalan lingkar luar kota Kendari menuju pelabuhan tersebut. Dengan demikian mobil truk pengangkut barang, nantinya tak lagi lalu lalang di jalan raya dalam kota(Dir)

Komentar

Komentar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...

About mysultra

Avatar
Editor: Sudirman Duhari

Baca Juga

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022

Badan Pekerja Pilih Sembilan Anggota Dewan Pers 2019-2022 Jakarta – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) ...

Bangsoet : Dari Profesi Wartawan Dapat Jadi Apapun

Jakarta, Kamis 25/10: Ketua DPR Bambang Soesatyo yang pernah menjadi wartawan mengungkapkan, profesi untuk membuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *